Polres siapkan 360 personel pengamanan Pilkada

id polres, polres mura

Polres siapkan 360 personel pengamanan Pilkada

Polres Musirawas (FOTO ANTARA)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Polres Musirawas Sumatera Selatan, menyiapkan 360 personel untuk pengamanan pilkada di dua daerah, yaitu Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara.

Pada pemilihan bupati dan wakil bupati dari dua daerah itu masing-masing akan ditempatkan 180 orang personel pengamanan dan anggota Brimob satu kompi, kata Kapolres Musirawas AKBP Nurhadi Handayani, Minggu.

"Kita akan fokuskan mengamankan kantor KPU setempat dan beberapa kecamatan rawan tindak kriminal saat pemungutan suara nanti," katanya.

Namun yang menjadi kendala sampai saat ini dana pengamanan dari dua kabupaten itu belum turun, sehingga persiapan anggota terpaksa menggunakan anggaran seadanya.

Ia menjelaskan, anggaran pengamanan di Kabupaten Musirawas awalnya diajukan Rp5,5 miliar, namun disetujui Rp4,6 miliar, sedangkan pengamanan di Kabupaten Musirawas Utara diajukan Rp2,6 miliar.

Dana tersebut sampai saat ini belum ada kejelasan, sedangkan tahapan Pilkada terus berjalan harus diiringi dengan tingkat persiapan pengamanan, ujarnya.

Kasat Operasional Polres Musirawas AKP Rizvy mengatakan ada empat daerah rawan tindak kriminal di Kabupaten Musirawas Utara perlu penjagaan khusus.

Keempat daerah itu adalah Kecamatan Karang Jaya, Kecamatan Rupit, Kecamatan Rawas Ilir dan Karang Dapo, sedangkan daerah zone merah di Kabupaten Musirawas yakni Muara Beliti karena ada Kantor KPU dan di Kecamatan Tugumulyo.

Untuk mengantisipasi potensi keributan di Kabupaten Musirawas Utara akan ditempatkan satu Pelton anggota Brimob di kantor KPU yang back up anggora Sabhara Polda.

Semua bantuan personel baik dari Polres maupun anggota Polda Sumatera Selatan akan ditempatkan mulai 8 Desember 2015, sedangkan pelaksanaan Pilkada tanggal 9 Desmeber 2015, ujarnya.