Pemkab siapkan instalasi untuk pasokan air bersih

id pdam, instalasi pdam

Pemkab siapkan instalasi untuk pasokan air bersih

Instalasi pengelolaan air bersih (Foto Antarasumsel.com/15/Nila Fuadi/Aw)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, menyiapkan instalasi Kota Kecil Blue Spam untuk memasok air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan.

Meskipun hujan mulai turun, namun persediaan air bersih masyarakat masih diperlukan, dengan demikian disiapkan Instalasi Kota Kecil (IKK) Blue Spam setempat, kata Sekretasi Daerah Pemkab Musirawas, Isbandi Arsyad, Sabtu.

Ia mengatakan, dengan adanya IKK Blue Spam tersebut pemerintah daerah tak perlu khawatir warganya kekurangan air bersih karena stok air bersih akan cukup tersedia.

Hingga saat ini suplai air bersih ke rumah-rumah pelanggan melalui Blue Spam tidak ada masalah, hal itu dibuktikan setelah Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) turun ke lapangan selama musim kemarau.

"Secara tugas pokok dan fungsi IKK Blue Spam itu harus mampu melayani kebutuhan air bersih masyarakat dan nyatanya hingga saat ini belum ada keluhan pelanggan akan kekurangan air," ujarnya.

Namun secara kelembagaan IKK Blue Spam itu belum berdiri sendiri menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) karena masih terkendala pendanaan yang belum sebanding dengan pendapatan, ujarnya.

Kepala IKK Blue Spam Muara Beliti, Sabam Siagian mengakui kalau perusahaan yang dikelolanya belum meningkat menjadi PDAM karena pendapatan dengan biaya operasional belum sebanding.

Kalau mau statusnya menjadi PDAM minimal harus meningkatkan pendapatan dan operasionalnya seimbang atau paling tidak pendapatan melebihi biaya operasional.

Selain itu status IKK Blue Spam masih di bawah binaan PU Cipta Karya, namun saat musim kemarau pihaknya masih bisa mengatasi kekurangan air bersih untuk masyarakat.