Dinas Pendidikan Sumsel siapkan wadah kreasi seni-budaya

id wadah kreasi seni budaya pelajar dan guru, kreasi, seni, budaya, dinas pendidikan, siapkan wadah, diknas, widodo

Dinas Pendidikan Sumsel siapkan wadah kreasi seni-budaya

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

...Pekan Budaya Pelajar Sumsel yang dijadwalkan berlangsung di Palembang pada 19-23 Agustus 2015 dapat digunakan pelajar dan guru untuk berkreasi dan berkompetisi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan menyiapkan wadah untuk pelajar dan guru berkreasi di bidang seni dan budaya dalam bentuk Pekan Budaya Pelajar 2015.

Pekan Budaya Pelajar Sumsel yang dijadwalkan berlangsung di Palembang pada 19-23 Agustus 2015 dapat digunakan pelajar dan guru untuk berkreasi dan berkompetisi dalam berbagai perlombaan seperti lomba musik etnik, kuliner, tari kreasi daerah, lomba busana/fashion karnaval, dan modifikasi busana adat, serta pameran karya seni, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Widodo di Palembang, Selasa.

Selain itu dapat digunakan untuk menggali, menemukan, dan mengembangkan potensi pelajar dalam olah seni budaya baik tradisional lokal maupun seni budaya baru sehingga dapat bersaing antarseni budaya lain di tingkat nasional.

Melalui kegiatan itu, diharapkan pula dapat mendorong masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota mengapresiasi serta menghidupkan seni budaya di kalangan pelajar di daerahnya masing-masing dan mendorongnya mengikuti kompetisi.

Bagi peserta Pekan Budaya Pelajar Sumsel yang memenangkan sejumlah lomba yang digelar selama kegiatan itu akan diberikan hadiah uang tunai untuk juara I Rp15 juta, juara II 12,5 juta, juara III Rp10 juta, harapan I Rp7 juta, harapan II Rp6 juta, dan harapan III Rp5 juta, katanya.

Dia menjelaskan, Pekan Budaya Pelajar Sumsel bertujuan untuk mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewariskan seni dan budaya provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu.

Kegiatan tersebut merupakan momentum bagi pihaknya untuk memberikan apresiasi kepada para pelajar dan guru yang berprestasi di bidang seni dan budaya.

Dengan diberikannya apresiasi itu diharapkan mampu memotivasi pelajar dan guru untuk terus berkarya di bidang seni dan budaya, katanya.

Selain itu pada puncak kegiatan yang dijadwalkan berlangsung 23 Agustus 2015 akan digelar karnaval budaya pelajar.

Karnaval budaya pelajar yang merupakan kegaitan baru pertama kali digelar di provinsi ini, akan dilepas oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin dari halam Kantor Gubernur Jalan Kapten A Rivai menuju gedung "Palembang Sports & Convention Centre/PSCC" Jalan POM IX Kampus Palembang.

Karnaval tersebut melibatkan 1.500 pelajar yang tergabung dalam beberapa difile di antaranya marching band PT Pusri, barisan pakaian adat nusantara, drum band barisan busana karnaval, barisan modifikasi pakaian adat, barisan komunitas, permainan anak-anak tradisional, barisan pencak silat, dan barisan tanjidor.

Selain itu karnaval juga akan disemarakkan oleh barisan fashion karnaval kabupaten/kota se-Sumsel, barisan pemenang lomba fashoin karnaval Sea Games 2011, dan barisan bintang tamu dari Salatiga Carnival Center, kata Widodo.