Legislator berharap akhir Agustus tender APBD selesai

id dewan, tender apbd selesai agustus

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan berharap pada akhir Agustus 2015 sudah selesai tender-tender di APBD induk, sehingga bisa maksimal mengerjakan sejumlah proyek pemerintah.

"Kita harapkan akhir Agustus sudah selesai tender di APBD induk," kata Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan Joncik Muhammad di Palembang, Senin saat ditanya mengenai perekonomian di daerah tersebut.

Menurut dia, kalau itu sudah selesai tendernya pada akhir Agustus sehingga September, Oktober, November dan Desember bisa maksimal mengerjakan proyek-proyek pemerintah.

"Kita berharap jangan sampai ada sisa lebih perhitungan anggaran (silpa), jangan tidak terserap, karena cerminan keberhasilan APBD itu kemampuan menyerap pelaksanaan itu kecuali ada hal-hal tertentu," katanya.

Ia mengatakan, perlambanan ekonomi salah satu penyebabnya, karena ekonomi dunia lesu, dampak penurunan ekonomi secara global.

Kalau perlambanan pasti daya serap APBD rendah dan infrastruktur berpengaruh cukup melamban, dan itu problem nasional sekarang ini dananya ada serapan di daerah belum maksimal, ujarnya.

Ia menyatakan, penyebabnya itu belum adanya koordinasi antar instansi salah satunya dan mungkin regulasi sekarang ini. Salah satu penyebabnya lambannya tender serta koordinasi kurang maksimal, tuturnya.

"Kalau di Sumsel secara keseluruhan kita evaluasi terakhir kwartal pertama masih lamban. Insya Allah pada kwartal ke dua sudah mulai," paparnya.

"Kita dorong agar per Agustus sudah selesai tender di APBD induk," katanya.