Sumsel gandeng universitas Korea jalankan kuliah gratis

id diknas, dinas pendidikan sumsel, kuliah gratis, widodo, kepala dinas pendidikan

Sumsel gandeng universitas Korea jalankan kuliah gratis

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs.Widodo MPd. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Untuk menjalankan program kuliah gratis, Gubernur Sumsel Alex Noerdin telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pimpinan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan menggandeng Universitas di Korea Jeonju University dan Nanjing Polytechnich Institute Tiongkok untuk menjalankan program kuliah gratis yang akan diluncurkan di Palembang, 22 Agustus 2015.

"Untuk menjalankan program kuliah gratis, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin telah menjalin kerja sama dengan sejumlah pimpinan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, sehingga putra terbaik daerah ini yang kurang mampu dapat memilih perguruan tinggi yang diinginkan secara maksimal," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan Drs Widodo MPd di Palembang, Jumat.

Sementara perguruan tinggi dalam negeri yang akan mendukung program kuliah gratis itu, pada tahap awal baru melibatkan tiga lembaga pendidikan yang ada di Kota Palembang yakni Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah, dan Politeknik Sriwijaya.

Untuk mewujudkan kerja sama itu akan dilakukan penandatanganan Momorandum of Understanding (MoU) antara Gubernur Sumsel Alex Noerdin dengan lembaga pendidikan tinggi mitra pendukung Program Kuliah Gratis (PKG) pada saat acara peluncuran program tersebut, katanya.

Dia menjelaskan, PKG merupakan janji politik Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersama wakilnya Ishak Mekki pada saat kampanye pemilihan kepala daerah provinsi setempat dua tahun lalu.

Pengertian kuliah gratis adalah program untuk meringankan beban orang tua/wali dari kewajiban membayar biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang ditentukan oleh pemerintah untuk program studi masing-masing perguruan tinggi.

Program kuliah gratis untuk Sumsel gemilang merupakan pengembangan program sekolah gratis yang diluncurkan pada 2002 atas dasar Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan No.3/2015 tentang kuliah gratis dan Peraturan Gubernur Sumsel No.22/2015 tentang kuliah gratis.

Program kuliah gratis diselenggarakan Pemprov Sumsel bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di dalam dan luar negeri yang ditunjuk.

Untuk melaksanakan program tersebut dibentuk tim manajemen yang ditetapkan dengan keputusan gubernur, sedangkan biaya kuliahnya diberikan melalui perguran tinggi tempat mahasiswa belajar, katanya.

Menurut dia, untuk mengikuti program tersebut harus lulus seleksi, bagi lulusan sekolah menengah atas sederajat dari kalangan keluarga miskin dipersilakan mengikuti seleksi.

Seleksi penerimaan mahasiswa program kuliah gratis dilakukan dengan cara perguruan tinggi yang ditunjuk bekerja sama dengan tim manajemen melaksanakan seleksi awal terhadap calon mahasiswa penerima PKG.

Mahasiswa yang lulus seleksi diajukan kepada gubernur melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel untuk ditetapkan sebagai mahasiwa penerima PKG.

Program kuliah gratis diberikan kepada mahasiswa yang memilih jurusan di perguruan tinggi dalam wilayah Sumsel, luar provinsi, dan perguruan tinggi di luar negeri yang menunjang arah kebijakan pembangunan provinsi ini atau berhubungan dengan kawasan ekonomi, tambang, lumbung energi, monorel, hilirisasi, pembangunan pusat ikan tawar, pembangunan kebun raya, rumah sakit , dan pengelolaan lingkungan.

Arah kebijakan pembangunan provinsi Sumsel terangkum dalam 64 program studi kuliah gratis di antaranya program studi adminsitrasi bisnis, agribisnis, akuntansi, bahasa Inggris, geologi, ilmu komunikasi, hukum, kelautan, jurnalistik, kesehatan masyarakat, manajemen, peternakan, teknik elektro, usaha perjalanan wisata, hotel accomodation, dan mining engineering, kata Widodo.