Legislator berharap pemprov bantu petani bibit sapi

id sapi, bibit sapi

Legislator berharap pemprov bantu petani bibit sapi

Bibit sapi (FOTO ANTARA)

Palembang, 14/8 (Antara) - Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan berharap untuk jangka panjang ada desain dari Pemerintah Provinsi agar para petani diberi bantuan bibit sapi, modal dan penyuluhan.

Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan Joncik Muhammad menyampaikan hal itu di Palembang, Jumat ketika ditanya mengenai tingginya harga daging sapi akhir-akhir ini.

Ia berharap, Dinas Peternakan agar segera kembali mengadakan bantuan bibit sapi ke kelompok-kelompok tani terutama di daerah penghasil di Sumsel.

Kemudian yang kedua diperbanyak kelompok tani yang bergerak di bidang sapi supaya bisa swasembada daging, katanya.

Ia mengatakan, minimal swasembada daging di Sumsel, sekarang ini daerah itu belum swasembada, karena masih mendatangkan sapi dari Jawa Barat.

Ia menuturkan, sentra-sentra ternak sapi itu misalnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Empatlawang, jadi ada pemetaan daerah.

Para petani sapi ini harus digalakan diberi kemudahan bantuan bibit dengan penyuluhan, ujarnya.

Sementara mengenai apakah bantuan bibit sapi itu akan dianggarkan dalam APBD Perubahan tahun 2015, ia menuturkan, kalau di APBD Perubahan tahun 2015 tidak mungkin, tetapi di APBD 2016.

"Jadi, kita minta Dinas Peternakan menganggarkannya di APBD 2016 agar tercapai swasembada daging di Sumsel, karena itu kebutuhan pokok," katanya.