Legislator: Sumsel akan bangun sentra industri

id batubara, dprd sumsel

Legislator: Sumsel akan bangun sentra industri

Hasil batu bara Sumsel (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Ketua DPRD Sumatera Selatan menyatakan provinsi itu tidak hanya harus bersandar pada komoditas saja, tetapi bagaimana Sumsel yang akan datang membangun sentra-sentra industri untuk mengolah hasil menjadi barang jadi.

Ketua DPRD Sumatera Selatan HM Giri Ramanda N Kiemas di Palembang, Jumat menyampaikan hal itu usai mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI dalam menyambut HUT RI ke-70.

Ia mengatakan, Sumsel ke depan menurutnya tidak hanya harus mengandalkan pada komoditas saja seperti karet dan kelapa sawit, tetapi bagaimana ke depan mampu membangun sentra-sentra industri untuk mengolah hasil menjadi barang jadi.

"Hasil-hasil produksi kita diolah menjadi barang jadi, sehingga ada nilai tambah," katanya.

Ia mengatakan, barang yang untuk diekspor ke luar dari Sumsel selama hanya barang setengah jadi seperti batu bara, karet dan kelapa sawit.

"Tentunya industri akan berkembang bila ditunjang oleh infrastruktur yang baik, inilah harapan Sumsel ke depan agar perekonomian lebih baik serta kesejahteraan masyarakat meningkat," ujarnya.

Sementara mengenai pidato kenegaraan presiden, ia menilai, presiden pada hari ini menunjukan konsen dia terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

"Presiden juga meminta maaf ataupun memohon sabar kepada masyarakat mengenai penghapusan subsidi BBM yang ke depan akan berujung manis bagi masyarakat," tuturnya.

Ia menyatakan, memang sekarang ini harus sakit terlebih dahulu dari kenyamanan yang sudah didapat dari subsisi BBM.

Akan tetapi, akan diganti dengan proyek-proyek infrastruktur dan proyek lain yang bisa meningkatkan perekonomian, sehingga membuat kesejahteraan lebih baik, katanya.