Atlet wushu Sumsel akan uji coba ke Lampung

id wushu, atlet wushu sumsel, atlet, turnamen wushu, pon jabar

Atlet wushu Sumsel akan uji coba ke Lampung

Ilutrasi - Wushu (FOTO ANTARA)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 17 atlet wushu Sumatera Selatan dijadwalkan mengikuti turnamen Lampung Terbuka, 20-24 Agustus 2015 yang menjadi ajang uji coba persiapan mengikuti prakualifikasi PON.

Pelatih wushu Sumsel Ahmad Yani di Palembang, Rabu, mengatakan, turnamen ini menjadi ajang pemanasan sebelum mengikuti pra-PON di Bandung pada 20-27 September 2015.

"Turnamen ini menjadi ajang evaluasi dan tolok ukur atlet pemusatan latihan daerah yang akan bertanding di Pra-PON," kata Yani.

Pada turnamen terbuka itu, Sumsel akan turun pada nomor taolo dan sanda.

Untuk nomor taolu akan diturunkan beberapa atlet andalan yaitu Nabila, Diana, Indah, Irma Vivian dan Lidia Ninggar.

"Mudah-mudahan bisa memberikan penampilan terbaik di pra-PON nanti karena sudah berlatih intensif sejak setahun terakhir," kata anggota dewan guru nasional ini.

Ia menambahkan, pada ajang pra-PON, Pengurus Provinsi Persatuan Wushu Indonesia Sumatera Selatan mengincar tiket untuk nomor yang baru dipertandingkan yakni duilian kategori taolu.

Yani mengatakan nomor duilian ini mempunyai tingkat kesulitan sendiri karena dimainkan secara berpasangan sehingga sangat membutuhkan kekompakan.

"Ini baru, dan saya melihat di sinilah peluangnya karena belum banyak daerah yang mau mengambil padahal jatah atletnya terbilang banyak," kata dia.

Prestasi wushu Sumatera Selatan mengalami pasang surut dalam satu dekade terakhir.

Setelah sempat menorehkan satu medali emas pada PON XVII tahun 2008 di Kalimantan Timur atas nama Irwanto, wushu Sumsel justru mengalami keterpurukan pada PON XVIII di Riau tahun 2012 dengan gagal menggondol medali.