Ribuan pelajar Palembang ikuti gerak jalan kemerdekaan

id pelajar, lomba gerak jalan

Ribuan pelajar Palembang ikuti gerak jalan kemerdekaan

Ribuan pelajar se Kota Palembang ikut lomba gerak jalan kemerdekaan (Foto: antarasumsel.com/ Evan Ervani/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 7.900 orang pelajar tingkat Sekolah Dasar hingga SMU Kota Palembang mengikuti lomba gerak jalan Kemerdekaan dalam rangka memeriahkan HUT ke 70 Kemerdekaan RI di halaman kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Rabu.

Ribuan orang pelajar tingkat SD, SMP dan SMU negeri dan swasta se Kota Palembang peserta lomba gerak jalan Kemerdekaan itu dilepas oleh Sekda Pemprov Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman di dampingi pelaksana tugas Wali Kota Harnojoyo di halaman DPRD Provinsi Sumsel.

Menurut Mukti Sulaiman, kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke-70 Kemerdekaan RI itu bertujuan untuk menumbuhkan semangat juang cinta Tanah Air bagi para generasi muda khususnya para pelajar.

Sementara, rute yang harus dilalui peserta lomba gerak jalan tersebut antara lain melintas di jalan utama Kota Palembang mulai dari halaman DPRD Provinsi Sumsel, jalan Merdeka hingga finish kembali di halaman kantor DPRD setempat sepanjang lima kilometer.

Pelaksana tugas Wali Kota Palembang, Harnojoyo berharap lomba gerak jalan tersebut dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan para pelajar, menumbuhkan tali silaturahmi, sehingga mereka dapat saling mengenal serta memiliki semangat juang yang tinggi.

Tahun ini para siswa/siswi tingkat SD, SMP, SMU mengikuti kegiatan lomba gerak jalan Kemerdekaan seluruhnya mencapai 7.900 orang, kata Kadisdikpora Palembang, Ahmad Zulinto menambahkan.

Menurut dia, selain menumbuhkan rasa nasionalisme kepada seluruh pelajar, kegiatan ini juga diharapkan mampu lebih mencintai Tanah Air dengan mengenang semangat dan jasa-jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan.