Kapolri amankan Pilkada secara maksimal

id kapolri, amankan pilkada

Kapolri amankan Pilkada secara maksimal

Kapolri Badrodin Haiti (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan bahwa seluruh jajarannya akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengamankan Pilkada Serentak 2015.

"Seluruh jajaran harus 'all out', sungguh-sungguh dalam pengamanan agar pesta demokrasi berjalan lancar," kata Kapolri, di Jakarta, Selasa.

Dalam Pilkada Serentak yang rencananya akan berlangsung pada Desember 2015 ini, Badrodin memperkirakan ada potensi konflik yang cukup tinggi.

"Pilkada serentak punya kerawanan cukup tinggi. Untuk itu saya minta lakukan antisipasi. Ini jadi penting karena menjadi pertaruhan kepercayaan Polri. Apakah Polri mampu mengamankan Pilkada?" ujarnya.

Pihaknya pun terus menginventarisasi temuan-temuan yang terjadi dalam seluruh tahapan pilkada, dan mempelajarinya.

"Apa yang terjadi di tiap tahapan, diinventarisasi dan didalami. Seperti kemarin, baru pendaftaran saja sudah ribut," imbuhnya.

Ia mengatakan tugas Polri dalam pengamanan Pilkada Serentak ada tiga yakni menjaga situasi kamtibmas sehingga Pilkada berjalan lancar, pengawalan pengamanan tahapan Pilkada dan melakukan penindakan hukum terhadap pelaku pelanggaran keamanan selama Pilkada.

Terkait hal itu, ia meminta jajarannya untuk mengamankan obyek- obyek vital, fasilitas umum dan pusat-pusat perbelanjaan.