Lima sandera asing diselamatkan dari hotel di Mali

id sandera, sandera asing selamatkan sandera, hotel, hotel mali

...Kami belum bisa mengatakan semua sudah selesai, tetapi sebagian sandera sudah dibebaskan oleh pasukan Mali yang dikirim ke hotel Byblos...
Bamako (Antara/AFP) - Sejumlah orang yang disandera oleh kelompok bersenjata di sebuah hotel di Mali telah dibebaskan Jumat malam dan sedikitnya lima warga asing diungsikan, kata sumber di militer Mali.
       
"Kami belum bisa mengatakan semua sudah selesai, tetapi sebagian sandera sudah dibebaskan oleh pasukan Mali yang dikirim ke hotel Byblos," kata sumber itu Sabtu pagi, setelah penyerangan oleh kelompok bersenjata yang menyebabkan sekitar tujuh orang meninggal, termasuk dua orang pekerja PBB.
       
"Pekerjaan masih berlanjut, ini belum selesai," kata petugas tersebut tanpa memberi perincian.
       
Sumber lain menuturkan bahwa pasukan khusus Mali telah menyelamatkan para sandera termasuk lima orang warga asing yang "diungsikan ke Bamako."
  
Petugas belum bisa menjelaskan kebangsaan para sandera tersebut.
       
Pemerintah Rusia dan Ukraina mengaku ada warganya yang ikut tersandera.
       
Sebagian dari anggota Pasukan Penjaga Perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (MINUSMA) juga menginap di hotel tersebut, kata pemerintah.
       
Pasukan Mali menutup kawasan tersebut tetapi upaya untuk menangani kelompok bersenjata itu terganjal oleh adanya sandera, sumber militer mengatakan.
       
Belum diketahui berapa jumlah orang yang ditahan oleh para penyerang di hotel tersebut.
       
Pernyataan pemerintah pada Jumat malam sebelumnya menyebutkan terdapat lima orang meninggal dan dua terluka dari pihak pasukan Mali serta dua orang terbunuh dari8 pihak penyerang.
       
Sebanyak tujuh tersangka juga telah ditahan, demikian ditambahkan.
       
MINUSMA mengatakan ada anggotanya yang terbunuh dalam serangan teroris tetapi tidak menyebutkan kebangsaannya. Belum diketahui juga apakah mereka termasuk di antara para korban meninggal.
       
Perwakilan PBB mengatakan bahwa sasaran serangan adalah pada kawasan militer Mali.