Tes kesehatan calon bupati pengganti serentak

id kpu,kpu sumsel

Tes kesehatan calon bupati pengganti serentak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) (Antarasumsel.com/Grafis)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan tes kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati pengganti direncanakan akan serentak, tetapi mengenai kapan digelar belum diketahui.

Anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Heny Susantih menyampaikan hal itu saat dihubungi dari Palembang, Jumat ketika ditanya mengenai pelaksanaan tes kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati pengganti.

Menurut dia, sekarang ini pihaknya belum tahu siapa saja bakal calon bupati/wakil bupati yang diganti.

Ia mengatakan, untuk tes kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati itu tentunya akan dikoordinasikan dengan Ikatan Dokter Indonesia.

"Kita harapkan nantinya tes kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati itu dilaksanakan serentak," katanya.

Sebelumnya Anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Ahmad Naafi mengatakan, dari 11 bakal calon bupati/wakil bupati yang mengikuti tes kesehatan lanjutan dinyatakan lima orang tidak memenuhi syarat kesehatan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan yang telah dilakukan di Rumah Sakit dr Mohammad Hoesin Palembang.

Lima bakal calon bupati/wakil bupati yang tidak memenuhi syarat kesehatan itu yakni dari Musirawas Utara, Ogan Komering Ulu Timur dan Penukal Abab Lematang Ilir masing-masing satu orang, sedangkan dari Musirawas sebanyak dua orang.

Bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan itu tentunya dapat dilakukan pergantian calon pada masa perbaikan berkas, yakni 4-7 Agustus 2015, katanya.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2015 yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.