Puncak peringatan Hari Pahlawan diusulkan di Surabaya

id perinataan hari pahlawan di surabaya, surabaya, tmpn kalibata, tardisi tmpn kalibata, dipusatkan di surabaya, kota pahlawan

...Tradisinya di TMPN Kalibata, Jakarta tapi tahun ini ada usulan untuk diperingati di Surabaya...
Batu (ANTARA Sumsel) - Puncak peringatan Hari Pahlawan 10 November mendatang di usulkan diperingati di Kota Pahlawan Surabaya, Jawa Timur yang selama ini biasa digelar di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata Jakarta.
        
"Tradisinya di TMPN Kalibata, Jakarta tapi tahun ini ada usulan untuk diperingati di Surabaya," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa usai silaturrahmi dan bekunjung ke rumah veteran di Kota Batu, Jatim, Jumat.
        
Peringatan Hari Pahlawan biasanya dipusatkan di Jakarta yang dihadiri langsung oleh Presiden RI, dilanjutkan dengan ziarah ke TMPN Kalibata untuk melakukan tabur bunga di pusara para pahlawan.
        
Kali ini meski direncanakan akan digelar di Surabaya, agenda yang sama tetap dilaksanakan seperti ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan.
        
Kota Surabaya rencananya dipilih sebagai lokasi peringatan Hari Pahlawan, karena pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Belanda.
        
Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur.
        
Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.