Danau Kongar kawasan wisata baru Musi Banyuasin

id danau, danau kongar

Danau Kongar kawasan wisata baru Musi Banyuasin

Danau Kongar dijadikan kawasan wisata baru Muba (Foto:antarasumsel.com/M Ilham)

Sekayu (ANTARA Sumsel) - Danau Kongar adalah danau alami yang membentang sepanjang empat kilometer dengan luas 14 hektare terletak di Desa Sungai Dua Kecamatan Sungai Keruh Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan, sebagai tempat wisata baru bagi masyarakat Muba.

Keberadaan Danau Kongar ini yang nantinya diharapkan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian terutama bagi masyarakat sekitar, karena sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan, kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Musi Banyuasin (Muba), Sunaryo di Sekayu, Jumat.

"Kami bersama pihak dinas instansi terkait telah meninjau langsung keberadaan danau tersebut pada Kamis (6/8) dengan menempuh perjalanan darat sekitar dua jam sampai ke lokasi, ternyata sangat berpotensi untuk dikembangkan untuk menjadi kawasan wisata andalan Pemkab Muba," katanya.

Menurut dia, Danau Kongar adalah aset Pemkab Muba selain Danau Ulak Lia, sekarang pihaknya sedang mengkaji untuk pengembangan aset wisata ini lebih lanjut.

Ia mengatakan, sekarang sudah ada investor yang mengelola tempat wisata ini, dan selalu ramai dikunjungi masyarakat, apalagi nantinya akan ditata dan dikembangkan lagi dengan melengkapi sejumlah infrastruktur pendukung agar memiliki daya tarik lagi.

Sekarang Pemkab Muba tengah mengkaji pengembangannya, untuk di tahun anggaran mendatang membangun gapura, pelataran batako di depan danau dan juga bukan tidak mungkin ke depan akan dibangun jogging track di sekeliling danau ini.

Sementara itu Kepala Desa Sungai Dua, Sudirman, mengaku sangat gembira setelah mendengar langsung rencana pengembangan yang disampaikan oleh Kadispopar, Sunaryo dan rombongan yang datang langsung ke lokasi bertemu masyarakat dan pengelola tempat wisata di Danau Kongar.

"Ini kabar yang sangat menggembirakan tentunya bagi kami masyarakat Desa Sungai Dua, siap dan mendukung rencana tersebut nantinya kami berharap Danau Kongar ini dapat menjadi tujuan wisata baru bagi masyarakat Muba dan sekitarnya, bahkan dari luar daerah", ujar Sudirman.