Sumsel laksanakan percepatan tanam padi

id dinas pertanian sumsel. tanaman padi, padi, sawah, pangan, erwin noor wibowo

Sumsel laksanakan percepatan tanam padi

Petani menanam bibit padi pada musim tanam di kompleks persawahan Plaju darat, Palembang, Sumatera Selatan. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15/Den)

....program penanaman padi dua kali tersebut untuk meningkatkan produksi padi hingga satu juta ton...
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan melakukan percepatan penanaman padi jenis IP 200 dalam menambah produksi pangan di daerah ini. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumsel Erwin Noor Wibowo di Palembang, Kamis mengatakan, program penanaman padi dua kali tersebut untuk meningkatkan produksi padi hingga satu juta ton.

Memang, lanjut dia, jenis padi baru, IP 200 itu telah dilakukan penanaman secara simbolis beberapa waktu lalu.

Langkah tersebut merupakan dukungan Pemerintah Provinsi Sumsel dalam menyukseskan program pusat yakni ketahanan pangan, ujar dia.

Yang jelas tanam dua kali tersebut juga untuk menghindari gagal panen karena bila tanam pada masih musim hujan dan pancaroba maka itu dapat dihindari.

Apalagi dilakukan dua kali tanam padi dan satu kali tanaman hortikultura ini sangat mendukung dalam meningkatkan ketahanan pangan, kata dia.

Ketika ditanya tentang gagal panen sekarang ini, dia mengatakan, berdasarkan laporan dan pemantauan belum ada persawahan gagal panen.

Memang, lanjut dia, ada puluhan hektare sawah kekeringan tetapi belum terjadi gagal panen.

Bahkan dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan panen di lahan persawahan petani di kabupaten se-Sumsel, ujar dia.

Yang jelas, target produksi padi akan meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 3,67 juta ton.