Menumbuhkan kebaikan pada anak mulai dari rumah

id anak, psikolog, ratih ibrahim, rumah, orang tua, ibu

Menumbuhkan kebaikan pada anak mulai dari rumah

Ilustrasi Seorang anak tersenyum (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

....setiap manusia memiliki benih kebaikan namun perlu untuk ditumbuhkan. Dalam hal ini, orang tua bisa mengajarkan anak membangun sense of belongingnya, mulai dari hal-hal sederhana....
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Psikolog Ratih Ibrahim mengungkapkan, jika orang tua ingin menumbuhkan benih kebaikan pada diri anak, maka mulailah dari lingkungan rumah. 

"Mulai dari dalam rumah dulu, kita (orang tua) membuat anak-anak kita belajar," kata Ratih di Jakarta, Rabu. 

Menurut Ratih, sekalipun setiap manusia memiliki benih kebaikan namun perlu untuk ditumbuhkan. Dalam hal ini, orang tua bisa mengajarkan anak membangun sense of belongingnya, mulai dari hal-hal sederhana seperti ikut menata meja makan, membantu ibu menyiran tanaman dan sebagainya. 

"Spirit volunteerism bisa tumbuh dari situ," tutur dia. Menurut Ratih, sembari mengajarkan, orang tua tentu perlu memberi contoh pada anak. 

Dia mengatakan, benih kebaikan atau good deeds merupakan nilai yang dimiliki setiap manusia dan apabila ditumbuhkan bisa menyehatkan jiwanya. "Orang yang memiliki "good deeds" secara kejiawaan akan menjadi sehat, selain itu inner beauty juga akan keluar," kata dia. 

Ratih menambahkan, benih kebaikan di antaranya terwujud dalam bentuk altruisme seperti membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Manifestasinya bisa beragam, mulai dari menjadi orang tua asuh, merawat gedung-gedung tua, hingga ikut dalam kegiatan volunteer.