70th RI - Pemkot Palembang janji perayaan HUT RI meriah

id palembang, hut kota palembang

70th RI - Pemkot Palembang janji perayaan HUT RI meriah

Kota Palembang (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang berjanji perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2015 akan berlangsung meriah, karena bakal dimanfaatkan untuk mempromosikan ajang Asian Games ke-18 tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yanuarpan Yani di Palembang, Selasa, mengatakan, pemkot berkeinginan seluruh warga Palembang mengetahui bahwa kotanya menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi tingkat Asia itu.

"Momen perayaaan HUT RI ini sangat cocok untuk dijadikan media promosi karena pemkot akan menggelar beragam kegiatan yang mengundang kehadiran ribuan warga untuk menyaksikan secara langsung," ujar dia.

Ia menjelaskan, kegiatan itu di antaranya, lomba tari japin di OPI Mall dimulai sejak hari ini, lomba paduan suara lagu-lagu perjuangan, lomba menghias telok abang, serta panjat pinang.

Kemudian, lomba perahu motor hias dan bidar tradisional yang telah menjadi agenda rutin setiap peringatan HUT RI.

"Lomba perahu motor hias dan bidar yang diperkirakan akan menjadi magnet untuk mengumpulkan warga kota di Benteng Kuto Besak," kata dia.

Untuk lomba perahu hias itu, menurutnya, Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait akan mendekati para pemilik perahu secara persuasif untuk mau mengecat atau mempercantik perahunya.

"Untuk dananya, akan dibantu pemerintah," ujarnya seusai rapat dengan jajaran pejabat SKPD terkait persiapan HUT RI.

Kota Palembang memiliki berbagai kegiatan yang sudah membudaya setiap peringatan HUT RI, di antaranya munculnya miniatur perahu hias berbahan gabus dengan dilengkapi telur rembus yang dicat berwarna merah "telok abang".

Kemudian, lomba bidar atau perahu tradisional yang diikuti seluruh kampung atau kelurahan di Palembang, panjat pinang, dan lainnya.