Danrem minta anggota TNI antisipasi kebakaran hutan

id danrem, danrem 044 gapo

Danrem minta anggota TNI antisipasi kebakaran hutan

Komandan Korem 044/Garuda Dempo Kolonel Inf Suko Basuki (Foto:antarasumsel.com/15/Evan Ervani)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komandan Korem 044 Garuda Dempo, Kolonel Inf Suko Basuki minta anggota dalam jajaranya untuk selalu mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, sehingga tidak menimbulkan kabut asap seperti terjadi pada tahun sebelumnya.

Daerah yang perlu diantisipasi antara lain di Kabupaten Ogan Komering Ilir, karena selama ini sering terjadi kebakaran hutan dan lahan, kata Danrem Kol. Inf Suko Basuki di Palembang, Senin.

Dikatakannya, selain itu dengan diberitugas TNI sebagai koordinator operasi darat, sehingga antisipasi harus dimaksimalkan supaya tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Mengenai anggota yang diturunkan, menurut dia, disesuaikan dengan kebutuhan agar dalam mencegah dan melakukan operasi darat semakin maksimal.

Yang jelas pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam menanggulangi masalah kebakaran hutan dan lahan, ujar dia.

Selain itu, kata dia, dimaksimalkannya dalam mengantisipasi supaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, karena khususnya Kabupaten Ogan Komering Ilir banyak terdapat lahan gambut.

Lahan gambut rawan kebakaran dan bila sudah terjadi maka sulit untuk dipadamkan, kata dia.

Sehubungan itu sebagai anggota TNI yang sudah ditugaskan untuk melakukan operasi darat, maka harus selalu waspada dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Mari bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan supaya Sumsel tidak terjadi kabut asap.

Pecegahan kebakaran hutan dan lahan hal utama, selain operasi peningkatan swasembada pangan dan pencurian minyak dan lainnya.