Ratusan ton kelapa diolah jadi minyak goreng

id industri minyak goreng, buah kelapa, kelapa kupas, sentra pengerajinan pengupas kelapa, daging buah kelapa

Ratusan ton kelapa diolah jadi minyak goreng

Buah kelapa disortir oleh pekerja UD Bersama untuk dikupas memenuhi pabrik minyak goreng. (Foto Antarasumsel.com/14/Yudi Abdullah)

...Buah kelapa yang telah dikupas dan dagingnya dikeluarkan dari tempurungnya oleh puluhan pengerajin pengupas buah kelapa Kelurahan 1 Ilir ini dikirim ke pabrik minyak goreng di Tanjung Api Api...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Sekitar 100 ton lebih daging buah kelapa yang dipasok dari sentra kerajinan pengupas buah kelapa kawasan Kelurahan 1 Ilir, Kota Palembang, Sumatera Selatan diolah menjadi minyak goreng setiap bulannya.

"Buah kelapa yang telah dikupas dan dagingnya dikeluarkan dari tempurungnya oleh puluhan pengerajin pengupas buah kelapa Kelurahan 1 Ilir ini dikirim ke pabrik minyak goreng di Tanjung Api Api," kata Adin, pembina pengerajin kelapa kupas Usaha Dagang Bersama di Palembang, Minggu.

Dia menjelaskan, melalui sentra pengerajin kelapa kupas ini, pasokan daging buah kelapa ke pabrik minyak goreng setiap harinya berkisar 3-6 ton.

Untuk memenuhi permintaan pasokan daging buah kelapa dari pabrik minyak goreng di Kawasan Tanjung Api Api wilayah Kabupaten Banyuasin itu yang terus meningkat, pihaknya sekarang ini berupaya mengembangkan usaha tersebut.

Sekarang ini sedang diupayakan membangun beberapa tempat pengerajin pengupas buah kelapa dan mencari sumber pasokan buah kelapa segar, katanya.

Menurut dia, buah kelapa segar yang diolah pengerajin di sekitar daerah aliran Sungai Musi ini dipasok dari petani di kawasan transmigrasi jalur wilayah Kabupaten Banyuasin dan Ogan Komering Ilir.

Dengan membina petani di dua kabupaten terdekat dengan Kota Palembang itu, dan mencari sumber pasokan baru diharapkan ke depan tidak mengalami kesulitan untuk memenuhi permintaan pabrik minyak goreng dan melakukan pengembangan usaha memenuhi permintaan buah kelapa segar utuh mitra dagang di Tiongkok, ujar dia pula.