Dinas Perikanan Sumsel tingkatkan target konsumsi ikan

id tinglat konsumsi ikan, dinas perikanan, dinas kelauatan dan perikanan sumsel, konsumsi ikan, ikan, pasar ikan

Dinas Perikanan Sumsel tingkatkan target konsumsi ikan

Aktivitas perdagangan ikan di pasar tradisional. (Foto Antarasumsel.com/13/Yudi Abdullah)

...Tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumatera Selatan saat ini telah mencapai 38 kilogram perkapita per tahun atau melebihi rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional 36 kg perkapita/tahun...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan berupaya meningkatkan target konsumsi ikan masyarakat provinsi setempat untuk menjaga agar berada pada posisi di atas rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional.

"Tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumatera Selatan saat ini telah mencapai 38 kilogram perkapita per tahun atau melebihi rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional 36 kg perkapita/tahun. Untuk mempertahankan posisi tersebut perlu terus dilakukan peningkatan target konsumsi ikan masyarakat provinsi ini," kata Kepala Bidang Humas Pembinaan dan Informasi Data Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan Gamalda Israk di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, pihaknya berupaya meningkatkan target tingkat konsumsi ikan di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu paling tidak satu poin dari capaian angka yang berhasil diraih sekarang ini.

Dengan peningkatan target secara bertahap itu dan capaian angka yang berhasil diraih dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya optimistis target tingkat konsumsi ikan di Sumsel pada 2018 yang ditetapkan sebanyak 40 kg perkapita/tahun dapat dicapai lebih cepat dari tahun yang ditentukan, katanya.

Menurut dia, meskipun berdasarkan data beberapa tahun terakhir menunjukkan perkembangan tingkat konsumsi ikan di provinsi ini cukup tinggi, pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi ikan lebih banyak lagi.

"Tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumsel pada 2013 berada pada posisi 35 kg perkapita/tahun dan kini telah mencapai 38 kg perkapita/tahun," ujar Gamalda.

Untuk memotivasi masyarakat provinsi ini agar mengkonsumsi ikan lebih banyak, pihaknya berupaya meningkatkan produksi ikan sehingga harganya stabil dan terjangkau.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan.

Ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta sumber penting asam lemak omega tiga.

Asam lemak omega tiga dalam minyak ikan baik untuk mengurangi depresi dan kecemasan, berdasarkan hasil penelitian para ahli dijelaskan bahwa masyarakat yang mengkonsumsi banyak ikan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah, kata dia pula.