Pemprov kebut pembebasan lahan tol Palindra

id tol, jalan tol

Pemprov kebut pembebasan lahan tol Palindra

Jalan tol (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mempercepat proses penyediaan lahan proyek Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang memiliki panjang 22 km untuk mengejar target selesai sebelum Desember 2015.

Sekretaris Daerah Sumsel Mukti Sulaiman di Palembang, Kamis, mengatakan, hingga kini lahan yang telah dibebaskan sekitar 7 km atau masih tersisa 15 km.

"Prosesnya pembebasan lahan dikebut supaya dana yang sudah disiapkan APBN bisa juga cepat cair. Ini penting karena Palindra ditarget operasional sebelum Asian Games 2018," kata dia.

Untuk mempercepat proses pembebasan lahan ini, pemprov telah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional dan Pemkab Ogan Ilir.

Berdasarkan informasi terakhir, dari total lahan yang masih tersisa yakni 15 km diketahui mayoritas dalam proses pembayaran.

"Sementara ada sedikit lahan yang masih sengketa dan empat persil lahan diketahui tidak ada pemiliknya," kata dia.

Terkait dengan lahan yang masih sengketa, ia mengemukakan bahwa pemprov telah memiliki mekanisme sendiri agar tidak mengganggu rencana proyek.

"Uang ganti rugi sudah dititipkan ke pengadilan, jadi tidak ada alasan proyek ini bakal terkendala lagi oleh sengketa," ujar dia.

Pembangunan jalan bebas hambatan yang menggunakan anggaran pemerintah pusat ini, melengkapi rencana pembangunan proyek Tol Trans Sumatra dari Lampung - Aceh dengan total panjang 2.048 kilo meter.