Masjid Raya Sriwijaya ditargetkan selesai 2017

id gubetnur sumsel, masjid raya sriwijaya, masjid

Masjid Raya Sriwijaya ditargetkan selesai 2017

Gubernur Sumsel Alex Noerdin memaparkan rencana pembangunan masjid raya. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Pembangunan masjid raya segera dimulai dan ditargetkan dua tahun ke depan selesai sehingga bisa digunakan untuk kegiatan ibadah dan menjadi fasilitas pendukung Asian Games 2018...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan Masjid Raya Sriwijaya di kawasan Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan yang dijadwalkan dimulai pertengahan Agustus ini ditargetkan selesai pada 2017.

"Pembangunan masjid raya segera dimulai dan ditargetkan dua tahun ke depan selesai sehingga bisa digunakan untuk kegiatan ibadah dan menjadi fasilitas pendukung Asian Games 2018," kata Gubernur Suamtera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Kamis.

Pada acara Seminar Nasional dan Diseminasi Laporan Perekonomian Indonesia 2014 "Memperkuat Modal Dasar Konektivitas" yang dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono serta Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, gubernur menjelaskan bahwa untuk menghadapi pesta olahraga bangsa-bangsa Asia itu, pihaknya tidak hanya melakukan pembangunan fasilitas olahraga dan fasilitas umum, tetapi juga membangunan rumah ibadah.

"Kami tidak hanya mengejar pembangunan untuk kepentingan duniawi tetapi juga membangun masjid yang megah dan cukup besar untuk kepentingan akhirat meningkatkan ketaqwaan masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan yang mayoritas beragama Islam," ujarnya.

Menurut dia, desain masjid sudah selesai dan sering dipublikasikan pada setiap kesempatan termasuk dalam acara seminar nasional itu.

Dalam kawasan areal yang menjadi lokasi pembangunan Masjid Raya Sriwijaya itu, juga akan dibangun kampus baru Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dan pusat kajian Islam (Islamic Center).

Pembangunan masjid raya dan fasilitas pendukung terpadu di sekitarnya tersebut membutuhkan dana mencapai ratusan miliar rupiah, dan memerlukan dukungan pendanaan dari para donatur serta berbagai pihak yang bersedia menyumbang.

Dengan mempublikasikan rencana pembangunan masjid raya tersebut pada setiap kesempatan diharapkan kegiatan pembangunannya mendapat dukungan dari berbagai pihak dan lapisan masyarakat serta banyak yang memberi sumbangan dana, ujar gubernur.