Pemkot target bebas kawasan kumuh 2019

id kumuh, kawasan kumuh

Pemkot target bebas kawasan kumuh 2019

Kawasan pemukiman kumuh (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menargetkan terbebas dari kawasan kumuh pada 2019, dengan siap menjalankan berbagai program pembenahan serta penataan rumah warga di sekitar bantaran Sungai Musi.

Kepala Bidang Perumahan Kementerian PU Cipta Karya Kota Palembang, Albert Midianto di Palembang, Kamis, mengatakan, pada tahun ini, pemkot akan menerima kucuran dana APBN Rp35 miliar untuk membenahi kawasan kumuh yang masuk program pemerintah pusat.

"Target ini sesuai dengan program "100 0 100" pemerintah kota yakni zero kawasan kumuh, seratus persen sanitasi, dan seratus persen pelayanan air bersih". Harapannya pada 2019 tidak ada lagi kawasan kumuh," kata dia.

Ia mengemukakan, pembenahan akan diprioritaskan di enam kecamatan di bantaran Sungai Musi, seperti Kertapati, Plaju, Ilir Barat (IB) II, Ilir Timur (IT) I, Gandus, Seberang Ulu (SU) I dan II.

"Proyek pembangunan kawasan kumuh ini mulai dari prasarana dasar seperti jalan setapak, jalan jerambah beton penghubung, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal, dan prasarana lain yang dibutuhkan masyarakat," katanya.

Ketua RT 05, Muhammad Masyur Kelurahan 5 Ulu, mengatakan sangat menyambut baik rencana pemerintah ini karena kebutuhan akan sarana prasarana sanitasi, air bersih menjadi hal yang utama bagi warga setempat.

"Jika hanya mengandalkan warga secara swadaya maka hasilnya tidak akan maksimal, apalagi ketersediaan lahan sangat terbatas. Tapi jika pemerintah yang turun tangan maka bisa menerobos berbagai kendala dihadapi masyarakat selama ini," kata dia.

Ia mengemukakan, hampir 80 persen warganya yang terdiri atas 160 kepala keluarga (600 jiwa) memanfaatkan satu unit MCK yang berdiri di sebidang lahan milik SD Negeri pada tahun 2011.

"Ada warga di sini yang mau menyediakan lahannya, bisa untuk membuat satu unit MCK lagi. Semoga saja pemerintah mau memfasilitasi untuk membuat bangunannya," kata dia.

Pencapaian target "100 0 100" atau dikenal dengan 100 persen sanitasi, nol persen kumuh, dan 100 persen air bersih sedang digenjot Pemkot Palembang.

Salah satunya dengan mengalokasikan dana APBD untuk pembangunan infrastruktur air bersih, jalan lorong, IPAL, hingga program bedah rumah.