Menteri PUPR prioritaskan Tol Palembang-TAA

id tol, tol plg-taa

Menteri PUPR prioritaskan Tol Palembang-TAA

Jalan tol (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan jalan tol Palembang - Tanjung Api-Api akan diprioritaskan karena jalan bebas hambatan tersebut untuk menuju ke pelabuhan samudera.

Apalagi, Presiden Jokowi memerintahkan agar jalan yang menuju ke pelabuhan harus diprioritaskan dibangun, kata menteri saat berbicara dalam seminar nasional Laporan Perekonomian Indonesia 2014 "Memperkuat Modal Dasar Konektivitas" di Palembang, Kamis.

Oleh karena itu pihaknya akan mengutamakan pembangunan jalan bebas hambatan menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut.

Mudah-mudahan tahun depan sudah dikerjakan tol yang akan membuka akses ke Pelabuhan di Tanjung Apu-Api tersebut, kata dia.

Dia menyebutkan, memang pada 2015 ini pihaknya akan mengerjakan dahulu tol Palembang - Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir Sumsel.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga jalan bebas hambatan itu harus secepatnya rampung.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pembangunan tol Palembang - Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan akan dimulai pada 2016 karena saat ini sedang dilakukan perencanaan dan kelayakan jalan bebas hambatan tersebut.

Menurut dia, pembangunan tol dari Palembang menuju Tanjung Api - Api juga cukup penting karena daerah tersebut sudah ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus.

Selain itu di kawasan tersebut juga direncanakan akan dibangun pelabuhan laut, ujar dia.

Oleh karena itu dalam menunjang kelancaran arus trasportasi diperlukan sarana perhubungan seperti tol, kata dia.

Sehubungan itu Pemerintah Provinsi Sumsel telah mempersiapkan diri dalam pembangunan proyek besar tesebut.