Gubernur BI : pertumbuhan ekonomi Indonesia tergantung SDA

id bank, bank indonesia

Gubernur BI : pertumbuhan ekonomi Indonesia tergantung SDA

Bank Indonesia (ist) (Foto istimewa)

Palembang (ANTARA Sumsel)- Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, pertumbuhan perekonomian Indonesia saat ini masih tergantung dengan sumber daya alam (SDA) yang ada sehingga sektor unggulan itu sangat berpengaruh dengan pasaran dunia.

Sekarang ini pasaran komoditi unggulan menurun sehingga berdampak dengan perekonomian Indonesia, katanya saat berbicara dalam seminar Laporan Perekonomian Indonesia 2014 "Memperkuat Modal Dasar Konektivitas" di Palembang, Kamis.

Lebih lanjut dia mengatakan, memang selama ini harga komoditi unggulan seperti batu bara, karet, kelapa sawit harganya cukup tinggi sehingga perekonomian juga baik.

Namun, dalam beberapa tahun sekarang ini harga komoditi unggulan tersebut harganya juga menurun terutama negara tujuan ekspor.

Selain itu, sekarang ini banyak membeli barang dari luar negeri daripada mengirim barang, kata dia.

Begitu juga hutang luar negeri cukup tinggi sehingga hal tersebut akan berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia, ujar dia.

Sehubungan itu melalui pertemuan yang juga dihadiri beberapa gubenur dan yang mewakili Gubenur se-Sumatera ini diharapkan dapat mencari jalan keluar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia.

Memang, lanjut dia, pihaknya terus berupaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Salah satunya antara lain mengurangi pengiriman barang mentah keluar negeri supaya ada nilai tambah, kata dia.

Begitu juga dalam penghapusan subsidi BBM lalu juga dapat menekan penurunan pertumbuhan ekonomi karena dana itu antara lain untuk pembangunan infrastruktur.