Pemeriksaan kesehatan calon bupati disiapkan 22 dokter

id calon bupati, dr mohammad husin

Pemeriksaan kesehatan calon bupati disiapkan 22 dokter

Pemeriksaan kesehatan calon bupati/calon wakil bupati yang akan maju pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 (Foto: antarasumsel.com/Susilawati/15)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati yang akan maju pada pemilihan kepala daerah serentak di Sumatera Selatan, 9 Desember 2015 disiapkan sebanyak 22 dokter spesialis di Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin Palembang.

"Semua tenaga medis kita siapkan sebanyak 22 dokter spesialis untuk tes kesehatan bakal calon bupati/wakil bupati," kata Penanggung Jawab Pemeriksaan Kesehatan, HM Alsen Arian di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan itu meliputi tes fisik medical check up, jantung, paru, saluran pencernaan, laboratorium, tes narkoba yang lebih penting lagi tes kejiwaan.

Ia mengatakan, hasilnya nanti dari sisi medis dan kejiwaan mengenai layak atau tidak itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memutuskan.

"Kita hanya memberikan data hasil pemeriksaaan apa adanya sedangkan yang berwenang adalah KPU," ujar Alsen yang juga Direktur Medik dan Keperawatan Rumah Sakit Dr Mohammad Hoesin Palembang tersebut.

Ia menyatakan, sesuai dengan jadwal pada Rabu ini yang mengikuti tes kesehatan delapan pasangan bakal calon bupati-wakil bupati atau sebanyak 16 orang.

Sementara sisanya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada Kamis (30/7), katanya.

Sementara Anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Ahmad Naafi menyatakan, pasangan bakal calon bupati/wakil bupati yang ikut menjalani tes kesehatan itu dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan dan Penukal Abab Lematang Ilir.

Untuk pelaksanaan tes kesehatan pasangan bakal calon bupati/wakil bupati dari tujuh kabupaten yang melaksanakan pilkada di Sumsel dilakukan selama dua hari yakni 29-30 Juli 2015, katanya.

Di Sumsel ada tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada yakni Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan, Musirawas, dan dua daerah pemekaran yakni Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, dan Musirawas Utara.