Perlu kesiapan SDM gali potensi pertambangan Sumsel

id kadiknas, kadiknas widodo

Perlu kesiapan SDM gali potensi pertambangan Sumsel

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Widodo (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Perlu kesiapan sumberdaya manusia untuk menggali dan memanfaatkan potensi pertambangan di Sumatera Selatan yang cukup besar, sehingga sumber daya energi itu dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian daerah ini, kata pejabat Sumsel.

Potensi pertambangan di daerah ini cukup banyak, sehingga perlu disiapkan sumberdaya manusia berkualitas di bidang itu, ujar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, Widodo, di Palembang, Rabu.

"Jadi untuk menggali potensi yang cukup besar itu diperlukan sumber daya manusia yang profesional," katanya.

Karena itu, ujarnya lagi, Pemerintah Provinsi Sumsel menyiapkan putra daerah untuk mendalami ilmu di bidang pertambangan.

Penyiapan sumber daya manusia yang memahani pertambangan itu, kata Widodo, dengan membuka program kuliah gratis dan salah satu jurusannya adalah pertambangan.

Menurutnya, nantinya bila masyarakat kurang mampu ingin menuntut ilmu di bidang pertambangan, dapat mengikuti program yang dicanangkan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yakni kuliah gratis.

Kuliah gratis itu akan diluncurkan akhir Agustus 2015, dan calon mahasiswa yang memenuhi syarat dapat menutut ilmu dengan biaya dari pemerintah, kata dia.

Widodo menjelaskan, jurusan yang menjadi sasaran dalam kuliah gratis tersebut diutamakan yang berhubungan dengan potensi daerah, seperti pertambangan, perikanan, dan olahraga.

"Putra daerah Sumsel yang ingin menuntut ilmu dengan mengikuti kuliah gratis ini, diharapkan tenaganya nanti dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi di daerah ini," ujar dia.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel mengatakan, potensi sumberdaya alam di daerah ini cukup banyak, sehingga perlu digali secara maksimal.

Namun, untuk menggali potensi yang ada itu, diperlukan sumber daya manusia berkualitas, kata dia pula.