Musirawas selesaikan pembangunan jaringan listrik

id listrik, jaringan listrik

Musirawas selesaikan pembangunan jaringan listrik

Ilustrasi - Pembangunan jaringan listrik (FOTO ANTARA)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, menargetkan penyelesaian seluruh pembangunan jaringan listrik ke desa-desa terpencil pada November 2015.

"Pembangunan jaringan listrik itu, khusus diarahkan pada tiga titik di beberapa desa terpencil dalam wilayah Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kecamatan Muara Lakitan da Bulang Suku Tengah (BTS) Ulu setempat," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Musirawas Suhendi di Musirawas, Rabu.

Ia menjelaskan pembangunan jaringan listrik di tiga titik itu, menelan biaya Rp2 miliar, namun ada beberapa desa hanya dipasang tiang terlebih dahulu dan beroperasi tahun depan.

Daerah-daerah yang akan dipasang tiang itu, antara lain mulai dari Kelurahan Bangun Jaya hingga Desa Pian Raya dan Desa Harapan Makmur di Kecamatan Muara .

Selain itu, dari Desa Pian raya hingga Desa Harapa Makmur akan dipasang tiang dan travo terlebih dahulu, sedangkan pengoperasiannya ditunda tahun depan karean keterbatasan anggaran.

Untuk Desa Tri Anggun Jaya (TAJ), pembangunan tiang hingga pengoperasiannya karena sebagai kebutuhan mendesak dan sudah dekat dengan jaringan induk Listrik Desa (Lisdes) tetangga di Desa Bumi Makmur.

"Semua pengerjaan itu kita targetkan rampung pada November 2015, bila tidak selesai kontraknya akan diputus," katanya.

Sekretaris Dinas Pertambangan dan Eenergi Musirawas Krisna mengatakan pembangunan jaringan listrik PLN itu, diprioritaskan pada dua desa yang sama sekli belum ada penerangan, yaitu Desa Mukti Karya dan Sindang Jaya.

Kedua desa itu, sebelumnya telah dibangun jaringan listrik tenaga surya, namun karena perangkatnya sebagian rusak sehingga akan digantik dengan jaringan listrik PLN.