PJR Polda Sumsel tertibkan pungli jalan lintas

id pjr polda susmel, polisi, patroli jalan raya, amankan jalan lintas, tertibkan pungli

PJR Polda Sumsel tertibkan pungli jalan lintas

Anggota Sat PJR tertibkan pungli. (Foto Antarasumsel.com/15/Yudi Abdullah)

...Dengan peningkatan pengamanan itu dapat diminimalkan berbagai tindak kejahatan serta ditertibkan belasan pelaku pemerasan dan pungutan liar terhadap sopir...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Personel Satuan Patroli Jalan Raya Polda Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pengamanan jalur lintas terutama perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan Ogan Komering Ulu (OKU) dan Muaraenim karena akhir-akhir ini rawan tindak kejahatan dan pungutan liar.


"Akhir-akhir ini kami sering merima pengaduan dari masyarakat yang mengeluhkan jalan lintas seperti antara perbatasan Desa Gunung Meraksa, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) hingga Simpang Meo, Kabupaten Muaraenim sering terjadi perampokan/begal, pecah kaca mobil, dan pemerasan atau pungutan liar," kata Kepala Unit IV PJR Pengandonan Ipda Halim Kesumo saat melakukan patroli di jalur lintas itu, Minggu.


Dengan peningkatan pengamanan itu dapat diminimalkan berbagai tindak kejahatan serta ditertibkan belasan pelaku pemerasan dan pungutan liar terhadap sopir kendaraan pribadi, angkutan umum, dan truk barang yang melintas pada jalan antara perbatasan Desa Gunung Meraksa, OKU hingga Simpang Meo, Kabupaten Muaraenim.


Selain itu, peningkatan pengamanan juga dilakukan untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kejahatan lainnya seperti penyelundupan bahan bakar minyak, narkotika, psikotropika, dan obat-obatan berbahaya, katanya.


Menurut dia, jalan lintas perbatasan OKU dengan OKI dan Kabupaten Muaraenim itu merupakan jalur yang cukup sepi, kondisi tersebut memicu terjadinya berbagai tindak kejahatan, sehingga perlu dilakukan peningkatan pengamanan.


Untuk meningkatkan pengamanan itu, pihaknya rutin melakukan patroli di sejumlah titik rawan kejahatan, serta menggelar razia kendaraan umum, angkutan barang, sepeda motor dan mobil pribadi yang melintas di jalan lintas tersebut.


Dalam kegiatan patroli dan razia rutin yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya berhasil menggagalkan sejumlah aksi kejahatan, melakukan pembinaan kepada masyarakat yang terjaring/mencoba melakukan pungutan liar, dan menindak tegas pelaku pelanggaran lalu lintas, kata Ipda Halim.


Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Bambang Pristiwanto mengatakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan di jalan lintas wilayah provinsi ini pihaknya menempatkan petugas di beberapa titik berpotensi menimbulkan kemacetan arus lalu lintas dan rawan tindak kejahatan.


Selain itu berupaya memotivasi seluruh personel polisi lalu lintas yang ada di daerah ini untuk menjalankan tugas dengan baik, membangun kerja sama dengan berbagai pihak, serta menghindari penyimpangan dan pelanggaran sekecil apapun yang dapat merusak citra dan nama baik institusi Polri, ujar Dirlantas.