Pemkot gandeng Thailand kembangkan wisata sungai

id sungai musi, akan dijadikan kawasan wisata

Pemkot gandeng Thailand kembangkan wisata sungai

Sungai Musi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menggandeng Thailand untuk mengembangkan Sungai Musi sebagai kawasan wisata sungai pertama di Indonesia.

Staf Ahli Pemerintah Kota Palembang bidang pembangunan, ekonomi, dan investasi, Sudirman Teguh di Palembang, Senin, mengatakan, untuk menjajaki kerja sama ini maka Wali Kota Thailand dijadwalkan berkunjung ke Palembang pada awal Agustus 2015.

"Palembang ingin mencontoh Thailand dalam mengembangkan wisata sungai karena negara ini berhasil menduniakan Sungai Chao Phraya sebagai tujuan wisatawan asing," kata dia.

Ia mengemukakan, keinginan ini mendapatkan respon positif dari Thailand ketika menerima jajaran pejabat pemkot berkunjung ke Negeri Gajah Putih tersebut beberapa waktu lalu.

"Secepatnya, apa yang dilakukan Thailand akan diadopsi Palembang karena memiliki kemiripan yakni sama-sama menawarkan wisata sungai," kata dia.

Pemkot Palembang gencar mengembangkan wisata sungai setelah menjalin kerja sama dengan BUMN pengembang pariwisata PT Indonesia Tourism Development Corporation (PT ITDC).

Pemkot ingin mewujudkan rencana pembuatan lokasi wisata sungai pertama di Indonesia di kawasan Sungai Musi.

Terkait dengan kebutuhan dana, menurutnya PT ITDC yang akan bertanggung jawab karena ranah pemkot sebatas regulasi dan penyediaan lahan.

"Harapannya setelah MoU dengan Said Group terkait pembangunan hotel 20 lantai, ITDC dapat langsung bergerak sehingga progresnya pada tahun depan sudah terasa," ujar dia.

Mengenai kemampuan PT ITDC dalam merealisasikan rencana ini, menurutnya Pemkot sangat percaya karena BUMN ini telah berhasil mengawal dua tempat wisata yakni Nusa Dua Bali dan Mandalika Lombok.

"Seperti Mandalika yang telah menerima kucuran dana Rp1,3 triliun untuk pembangunan fasilitas penunjang, begitu pula yang diinginkan Palembang setelah kawasan Sungai Musi digarap," kata dia.

Sebelumnya, dalam paparan DED oleh pejabat PT ITDC di Palembang beberapa waktu lalu diketahui bahwa di dekat Sungai Musi akan dibangun hotel dengan 20 lantai akan menghabiskan dana sekitar Rp200 miliar.