DPRD minta terobosan aksebilitas ke sentra perikanan

id dprd, dprd sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi II DPRD Sumatera Selatan meminta kepada Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi setempat berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk mencari terobosan agar aksebilitas ke sentra-sentra produksi perikanan dapat dibangun.

Juru bicara Komisi II DPRD Sumatera Selatan H Mirzan Ikbal di Palembang, Senin menyampaikan hal itu pada rapat paripurna mengenai laporan komisi-komisi terhadap raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2014.

Menurut dia, hal itu sangat penting guna menekan ongkos produksi para petani dalam memasarkan produknya.

Ia mengatakan, pada tahun anggaran 2014 Dinas Kelautan dan Perikanan Sumsel melaksanakan 11 program dan 55 kegiatan APBD.

Adapun alokasi anggaranya sebesar Rp33,1 miliar termasuk APBD perubahan tahun 2014 dengan rincian belanja tidak langsung sebesar Rp13 miliar lebih dan belanja langsung Rp20 miliar lebih, katanya.

Ia menyatakan, realisasi APBD itu sebesar Rp32 miliar lebih atau sekitar 96,70 persen dengan rincian belanja tidak langsung Rp12,8 miliar dan belanja langsung Rp19,2 miliar.

Sementara lanjutnya, di Badan Koordinasi Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sumsel pada tahun anggaran 2014 dengan alokasi anggaran sebesar Rp9,58 miliar, terdiri atas belanja tidak langsung Rp5,57 miliar dan belanja langsung Rp4 miliar lebih.

Dengan realisasi anggaran sebesar Rp9,03 miliar, rincian realisasi untuk belanja tidak langsung Rp5,25 miliar dan belanja langsung Rp3,77 miliar, katanya.