Harga CPO di Sumsel turun

id cpo, harga cpo turun

Harga CPO di Sumsel turun

CPO Sawit (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di sejumlah pabrik Sumatera Selatan, Senin, dipatok Rp7.152 per kilogram, atau turun dibandingkan harga dua pekan sebelumnya Rp7.496/kg.

Turunnya harga CPO tersebut diketahui berdasarkan keterangan sejumlah petani pekebun kelapa sawit di Sumatera Selatan (Sumsel), antara lain di Kabupaten Muaraenim dan Musi Banyuasin.

Muskar, petani perkebunan kelapa sawit asal Kabupaten Muaraenim, ketika dihubungi dari Palembang, Senin, menyatakan penjualan buah sawit segar semakin lesu karena sejak beberapa pekan sebelumnya harga tandan buah segar (TBS) sawit yang merupakan bahan baku CPO itu terus turun, imbasnya harga CPO ikut menyesuaikan.

Menurut dia, sejak awal Ramadhan hingga usai lebaran ini, harga TBS dan CPO terus bergerak turun, padahal hasil kebun sawit merupakan salah satu pemasokan andalan para petani di daerahnya.

Memang diakuinya, selain kebun sawit para petani di daerahnya juga mengandalkan dari hasil kebun karet, sekarang kedua komoditas itu harga jualnya di pasaran semakin turun.

Ia menyatakan, sejak beberapa pekan terakhir harga CPO dan buah sawit bergerak turun.

Pernyataan tersebut juga disampaikan petani lainnya, M Yamin, petani asal Kabupaten Musi Banyuasin bahkan mengeluhkan dengan kondisi harga jual tbs sekarang ini.

Menurut PNs yang juga merangkap petani ini, sejak harga jual buah sawit turun penghasilannya jauh berkurang.

Satu-satunya penghasilkan yang tetap diharapkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari adalah dari gaji sebagai PNS.

Ia berharap, harga buah sawit berangsur naik sehingga kehidupan para petani semakin membaik.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan Sumatera Selatan, Benyamin, di Palembang, sebelumnya mengatakan harga beli CPO di daerah itu bulan lalu sempat naik, dan pekan ini kembali turun.

Menurut dia, turunnya harga tersebut berdasarkan kesepakatan melalui rapat rutin dua kali sebulan antara Dinas Perkebunan setempat dengan pengusaha perkebunan besar swasta nasional di daerah ini.

Ia mengatakan, dalam rapat rutin itu harga CPO pekan ini ditetapkan menjadi Rp7.152 per kilogram, turun dibandingkan dengan kondisi dua pekan sebelumnya Rp7.496 per kg.

Dikatakannya, turunnyaa harga CPO tersebut juga berimbas pada komoditas buah sawit dalam bentuk TBS, yang merupakan bahan baku CPO, dari Rp1.436 per kilogram menjadi Rp1.400 per kg.

Di Sumsel terdapat beberapa daerah penghasil CPO dengan usaha perkebunan kelapa sawit, antara lain Kabupaten Muaraenim, Lahat, Musibanyuasin, Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, dan Musirawas dengan total luas areal mencapai lebih kurang 700.000 hektare.