Pemprov adakan seminar tentang songket

id permana, seminar songket

Pemprov adakan seminar tentang songket

Permana ((Foto Antarasumsel.com/15/Dolly Rosana))

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan bakal melaksanakan seminar tentang songket bersamaan dengan peluncuran pakaian khas daerah itu menuju warisan dunia di Palembang, pertengahan Oktober 2015.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana Peluncuran Songket sebagai Warisan Budaya, Permana, di Palembang, Senin mengakui pihaknya memang akan meluncurkan songket sebagai warisan budaya.

Dalam acara tersebut juga akan dilaksanakan seminar tentang keberadaan dan asal muasal kain songket.

Seminar tentang keberadaan songket itu, dilaksanakan pihaknya bekerja sama dengan Unsri yang juga menjadi penanggung jawab kegiatan.

Permana yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumsel itu, menjelaskan seminar sebagai kajian ilmiah sehingga perlu bekerja sama dengan perguruan tinggi.

Selain menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi dalam seminar itu, katanya, juga akan didatangkan pemerhati songket.

Selain itu, juga akan diundang pelaku dan perajin songket supaya seminar tersebut mencapai sasaran.

Namun, kata dia, yang jelas seminar untuk mengetahui keberadaan songket yang ada di daerah setempat.

"Itu penting karena songket sebagai peninggalan khas masyarakat Sumsel sehingga keberadaannya perlu diketahui secara mendalam," katanya.

Sumsel akan meluncurkan songket sebagai warisan budaya menuju dunia yang dalam acara tersebut juga memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).