Kecelakaan di Musirawas turun selama mudik lebaran

id kecelakaan, mudik lebaran, pemudik, mudik, musirawas, jalan lintas tengah, polisi, polres

Kecelakaan di Musirawas turun selama mudik lebaran

Ilustrai - Kecelakaan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

....penyebab kecelakaan itu umumnya akibat dari kelalaian para pengemudi yang mengendarai kendaraan dengan kondisi kurang prima, sehingga tingkat konsentrasi mengalami penurunan dan akhirnya celaka....
Musirawas, (ANTARA Sumsel) - Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan lintas tengah (jalinteng) Sumatera dalam wilayah Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara turun selama mudik Lebaran 2015.

"Sejak H-10 hingga H+7 lebaran, kasus kecelakaan di Jalinteng Sumatera wilayah itu hanya tiga kasus, padahal periode sebelumnya mencapai di atas lima kasus," kata Kasatlantas Polres Musiwaras AKP Yudha Nugroho di Musiwaras, Kamis.

Saat mendampingi Kapolres Musirawas AKBP Nurhadi Handayani, ia menjelaskan dari tiga kasus kecelakaan itu dialami kendaraan roda empat yaitu dua kasus terjadi dalam wilayah Kabupaten Musirawas utara dengan korban yakni satu meninggal dan beberapa luka-luka.

Satu kasus lainnya terjadi di Jalan lintas provinsi dalam wilayah Kecamatan Muara Kelinggi, Kabupaten Musirawas yaitu Lubuklinggau-Kabupaten Musi Banyuasin dengan semua penumpangnya hanya luka-luka.

"Penyebab kecelakaan itu sebagian besar akibat sopirnya ngantuk dan memaksakan untuk terus melaju mengejar tujuan agar cepat sampai," katanya.

Padahal, sudah banyak peringatan melalui spanduk di sepanjang Jalinteng Sumatera dan jalan lintas provinsi setempat agar sopir lelah dan ngantuk beristirahat pada pos yang sudah disediakan.

"Jadi, penyebab kecelakaan itu umumnya akibat dari kelalaian para pengemudi yang mengendarai kendaraan dengan kondisi kurang prima, sehingga tingkat konsentrasi mengalami penurunan dan akhirnya celaka," katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada para pengemudi agar tetap memperhatikan kecelamatan mereka sebelum melakukan perjalanan, terutama menjaga kecepatan ketika mengendarai kendaraan masing-masing.

Bila dalam kondisi fisik prima kendaraan yang dikemudikan akan lebih terarah, sehingga dengan begitu perjalanan para pemudik dapat lancar dan selamat hingga sampai kepada tujuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musirawas Ari Narsa mengatakan arus balik lebaran hingga H+8 masih cukup padat, baik yang melintas pada Jalinteng Sumatera maupun jalan lintas provinsi Musirawas-Palembang.

"Kami imbau kepada para pemudik untuk lebih berhati-hati dan kami sudah menyiapkan pos pengamanan sekaligus untuk pengemudi beristirahat, ada juga pelayanan kesehatan dan petunjuk jalan yang akan dituju," ujarnya.