Sumatera Selatan target lolos ke PON Jabar

id pssi, lolos pon

Sumatera Selatan target lolos ke PON Jabar

Ilustrasi (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Asosiasi Provinsi PSSI Sumatera Selatan menargetkan tim binaan meraih tiket ke Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat pada ajang prakualifikasi Pekan Olahraga Wilayah di Bangka Belitung, November 2015.

Wakil Ketua Asprov PSSI Sumsel Musni Wijaya di Palembang, Rabu, mengatakan target ini dilatari semangat karena Sumsel terakhir kali mengikuti PON pada saat menjadi tuan rumah ajang tersebut yakni pada 2014.

"Sudah dua kali PON, Sumsel gagal menjadi wakil dari Sumatera. Kegagalan inilah yang menjadi pelecut semangat Asprov PSSI Sumsel untuk memperjuangkan tim daerah agar meraih tiket ke PON Jabar tahun 2016," kata dia.

Untuk mencapai target tersebut, Musni menerangkan, Asprov PSSI Sumsel telah menjalankan pemusatan latihan pra-PON dibawah pelatih berpengalaman Rudy Keltjes.

"Rudy sengaja didatangkan Sumsel demi tercapainya cita-cita ini," ucapnya.

Selama mengikuti pemusatan latihan tersebut, tim pra-PON ini telah beberapa kali menjalani pertandingan uji coba, di antaranya menghadapi tim starball Indonesia yang diperkuat beberapa mantan pemain tim nasional Indonesia.

Selain itu, materi pemain yang masuk dalam skuat pra-PON ini dinilai lebih baik dibandingkan tim sebelumnya karena telah melalui tahapan seleksi.

"Sebelumnya telah memanggil 45 pemain yang berasal dari seluruh daerah di Sumsel berdasarkan pemantauan tim pencari bakat Asprov PSSI Sumsel, kemudian mengerucut menjadi 26 pemain yang saat ini menjalani pemusatan latihan," ujar dia.

Sumsel terakhir kali mengikuti PON yakni saat daerah menjadi tuan rumah pada 2004 dengan mendapatkan "wild card".

Kemudian, dalam dua kali penyelenggaraan PON yakni PON Kaltim 2008 dan PON Riau 20112, Sumsel selalu gagal mendapatkan tiket pada ajang prakualifikasi.

Menurut Musni kegagalan ini disebabkan program pembinaan atlet usia muda yang tidak berjalan dengan baik di kabupaten/kota.