BTN siap salurkan kredit Rp450 miliar

id btn, btn bidik pns

BTN siap salurkan kredit Rp450 miliar

PT Bank Tabungan Negara (Antarasumsel.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk siap menyalurkan pembiayaan untuk program sejuta rumah bagi pegawai negeri sipil di Pemerintah Kota Palembang sebesar Rp450 miliar pada 2015.

Kepala BTN Cabang Palembang M Adrian Syahbandi di Palembang, Rabu, mengatakan alokasi dana yang cukup besar ini karena program pemerintah tersebut tidak semata-mata menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tapi juga ditujukan kepada PNS yang belum memiliki rumah.

"Untuk penyaluran kredit rumah bersubsidi ini, BTN menargetkan sebanyak 4.500 unit bagi PNS di Pemkot Palembang karena jumlah pegawai mencapai 14.000 PNS," ucapnya.

Adrian menyatakan perusahaannya optimistis fasilitas pembiayaan itu dapat cepat diserap oleh PNS karena terdapat kemudahan terkait suku bunga dan uang muka.

"Suku bunga sudah ditetapkan pemerintah turun dari 7,5 persen menjadi 5 persen, dengan uang muka hanya satu persen dan jangka waktunya bisa mencapai hingga 20 tahun," ujar dia.

Untuk mempercepat realisasi penyerapan, BTN akan mensosialisasikan ke 17 kabupaten/kota di Sumsel, selain itu juga berkoordinasi dengan Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) selaku pengembang perumahan MBR tersebut.

Ia menambahkan, BTN Cabang Palembang pada tahun ini bisa membiayai kredit untuk 12.000 unit rumah di seluruh Sumsel, namun hingga kini realisasinya baru mencapai 3.000 unit.

"Pembiayaan rumah MBR masih mendominasi portofolio produk kredit perumahan rakyat (KPR) perseroan di Palembang dengan persentase mencapai 80 persen. Jadi memang sektor ini yang menjadi fokus utama BTN pada tahun ini," tuturnya.