Jumlah penumpang bus di Palembang menurun

id bus, bus akap, penumoang bus,a rus balik lebaran, lebaran, mudik, mudik lebaran, terminal bus, terminal karya jaya

Jumlah penumpang bus di Palembang menurun

Ilustrasi - Bus angkutan mudik Lebaran.(FOTO ANTARA)

...Jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) pada arus balik Idulfitri 1436 Hijriah menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengguna bus pada arus balik Lebaran 2015 di Terminal Tipe A Karya Jaya Palembang, Sumatera Selatan, sejak H+1 hingga H+4 (Selasa) jumlahnya mengalami penurunan hingga 30 persen lebih.

Jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) pada arus balik Idulfitri 1436 Hijriah menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kondisi ini sangat mengejutkan karena benar-benar di luar prediksi, kata petugas Terminal Tipe A Karya Jaya Fauzi di Palembang, Selasa.

Berdasarkan data keberangkatan yang dihimpun dari loket bus AKAP, terutama tujuan Palembang-Jakarta dan sejumlah kota di Pulau Jawa lainnya, pada arus balik Lebaran beberapa hari terakhir tergolong sepi.

"Penumpang bus AKAP yang diberangkatkan pada arus balik Lebaran melalui terminal ini berkisar 600--900 orang atau di bawah kapasitas bus yang disiapkan," ujarnya.

Menurut dia, untuk menghadapi arus balik Lebaran, berdasarkan kondisi tahun sebelumnya di Terminal Bus Karya Jaya disiapkan 38 bus AKAP dengan total kapasitas tempat duduk 1.265 penumpang. Namun, kenyataannya tidak sesuai dengan perkiraan.

Melihat data keberangkatan yang berlangsung beberapa hari ini dibandingkan dengan jumlah tempat duduk yang tersedia, tingkat pengisian bus (load factor) pada arus balik Lebaran sekarang ini berada pada posisi maksimal 75 persen.

Sementara itu, kondisi penumpang bus AKDP pada arus balik Lebaran tahun ini tingkat "load factor"-nya sekitar 55 persen.

Bus AKDP disiapkan 70 unit dengan total kapasitas 1.674 tempat duduk. Namun, selama arus balik Lebaran ini paling banyak terisi 55 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, kata petugas Terminal Karya Jaya itu menambahkan.