Fabian Delph bergabung dengan Manchester City

id gelandang inggris, Fabian Delph, aston villa, manchester city, liga utama inggris, bursa transfer

Fabian Delph bergabung dengan Manchester City

Gelandang Inggris Fabian Delph (Foto Ist)

London, (ANTARA Sumsel/AFP) - Gelandang Inggris Fabian Delph dipastikan meninggalkan Aston Villa untuk bergabung dengan Manchester CIty, seperti diberitakan kedua klub tersebut pada Jumat (17/7) waktu setempat atau berselang satu hari sejak dirinya menegaskan akan tetap berada di Villa Park.

MU mengonfirmasi lewat website resminya bahwa pemain berusia 25 tahun itu baru saja menyetujui kontrak lima tahun di Stadion Edihad setelah menjalani tes kesehatan.

"Fabian Delph telah menandatangani seluruh klausul pelepasannya dalam kontrak dan akan bergabung dengan MU," ujar Villa.

Villa diberitakan telah menerima  biaya transfer Delph senilai 8 juta pounds atau sekitar  Rp160 miliar.

Delph yang tidak bisa mengikuti kamp pelatihan pramusim Villa di Portugal karena memilih menjaga istrinya yang sedang hamil itu, kini menolak menjelaskan perubahan keputusan yang dibuatnya kurang dari seminggu setelah dirinya mengeluarkan pernyataan meyakinkan dalam wesbite resmi Villa disertai foto dirinya menunjuk ban kaptennya.

"Saya sadar ada berbagai spekulasi dari media terkait masa depan karir saya selama 24 jam terakhir ini, dan saya ingin memberi klarifikasi terkait hal itu," kata Delph minggu lalu.

"Saya tidak akan pergi. Saya akan tetap berada di klub ini, bahkan saya tidak sabar memulai musim berikutnya dan menjadi kapten bagi klub besar ini," Delph menambahkan.

Delph menandatangani kontrak baru dengan Villa pada awal tahun ini yang seharusnya baru akan berakhir pada musim panas ini, namun kepindahannya dapat dimengerti karena dia menyetujui klausul pelepasan yang juga disepakati oleh MU.

Ia sendiri memulai karirnya dalam klub Leeds United sebelum bergabung dengan Villa pada 2009 saat dirinya masih remaja.

Delph juga pernah menjadi kapten kesebelasan Birmingham di bawah asuhan Tim Sherwood.

"Fabian Delph adalah pemain istimewa dan saya berharap bisa segera bekerja dengannya. Dia telah berpengaruh besar bagi Villa selama beberapa musim terakhir, dan sekarang dia menjadi satu dari gelandang muda paling bersinar di Liga Premier," ujar manajer MU, Manuel Pellegrini.

Menurut dia, Delph memiliki kemampuan dan energi luar biasa, dan fakta bahwa dirinya menjadi anggota timnas Inggris merupakan bukti pesatnya perkembangan diri dan karirnya.

"Dengan usia yang baru 25 tahun, ia masih memiliki tahun-tahun kejayaan di masa mendatang," tutur Pellegrini.

Kepindahan Delph ke MU tak terpaut lama dengan Raheem Sterling yang ditransfer dari Liverpool ke MU dengan kontrak lima tahun senilai 44 juta pounds (Rp880 miliar) dan masih bisa meningkat hingga 49 juta pounds (Rp980 miliar).

Delph mungkin bukan satu-satunya pemain utama yang akan meninggalkan Villa musim panas ini. Seperti diberitakan, Liverpool berniat membeli striker Belgia, Christian Benteke dengan nilai kontrak 32,5 juta pounds (Rp650 miliar).
(Penterjemah: Uu.SYS/A/Difa)