Penumpang bus AKDP-AKAP di Palembang sepi

id penumpoang bus, bus akdp, bus akap, penumpang angkutan bus lebaran, bus lebaran, lebaran, bus, terminal bus

Penumpang bus AKDP-AKAP di Palembang sepi

Armada angkutan mudik lebaran (ANTARA FOTO)

...Jumlah penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antarkota antarprovinsi (AKAP) yang beroperasi umumnya di bawah kapasitas tempat duduk yang disiapkan melayani masyarakat yang akan berlebaran...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jumlah penumpang bus antarkota dalam provinsi dan antarkota antarprovinsi di Terminal Karya Jaya Palembang, Sumatera Selatan pada arus mudik Lebaran 1436 Hijriah/2015 Masehi ini tergolong sepi.

Jumlah penumpang bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dan antarkota antarprovinsi (AKAP) yang beroperasi umumnya di bawah kapasitas tempat duduk yang disiapkan melayani masyarakat yang akan berlebaran, kata petugas Terminal Tipe A Karya Jaya Fauzi, di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, jumlah penumpang bus AKDP dari Palembang menuju 16 wilayah kabupaten/kota di Sumsel lainnya dua hari (H-2) menjelang Lebaran 2015, terdapat sekitar 700 orang penumpang, padahal pengelola otobus telah menyediakan 60 unit armada dengan kapasitas 1.300 penumpang,

Sedangkan jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) secara umum juga tidak terlalu ramai.

Berdasarkan data dari petugas loket sejumlah perusahaan otobus di Palembang itu, jumlah penumpang yang diberangkatkan melalui Terminal Karya Jaya Palembang ke Jakarta, Bandung, dan beberapa kota di Pulau Jawa lainnya mencapai 1.200 orang.

Jumlah penumpang bus AKAP yang diberangkatkan menggunakan 40 unit armada tersebut masih di bawah kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 1.350 orang, ujarnya lagi.

Menurut dia, kondisi penumpang di Terminal Karya Jaya Palembang baik bus AKDP maupun AKAP sejak dimulai angkutan lebaran pada 7 Juli 2015 hingga dua hari menjelang lebaran, tergolong sepi.

Kondisi sepi penumpang yang menggunakan jasa angkutan darat tersebut di luar perkiraan, mengingat sebelumnya pihak pengelola otobus optimistis akan terjadi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2015 ini, sehingga persiapan bus dilakukan secara maksimal.

Kondisi penumpang bus AKDP dan AKAP tersebut tergolong sepi kemungkinan disebabkan banyak pemudik menggunakan kendaraan pribadi, serta memilih moda transportasi lainnya seperti kereta api dan pesawat terbang.

Karena itu, pengelola otobus mengurangi operasional sejumlah bus AKDP dan AKAP yang telah disiagakan beberapa hari sebelumnya untuk melayani pemudik ke berbagai daerah, kata petugas terminal itu menambahkan.