Kodim Lubuklinggau siagakan 200 prajurit

id tni, siaga tni

Kodim Lubuklinggau siagakan 200 prajurit

Siaga TNI (Foto Antarasumsel.com/15/Feny Selly/Aw)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Kodim 0406 Lubuklinggau, Sumatera Selatan, menyiagakan 200 orang prajurit TNI untuk pengamanan mudik lebaran 2015.

"Personel sebanyak itu untuk membantu kepolisian dan petugas pengamanan lainnya di tiga kabupaten dan kota meliputi wilayah Lubuklinggau, Musirawas dan kabupaten Musirawas Utara," kata Komandan Kodim 0406 Lubuklinggau, Musirawas dan Kabupaten Musirawas Utara Letkol Armed Wiwin Sugiono, Rabu.

Ia mengatakan upaya kepolisian, TNI dan petugas lainnya itu untuk menciptakan kondisi yang nyaman tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Para prajurit memperkuat kegiatan pengamanan arus mudik lebaran itu disebarkan pada sejumlah pos di tiga wilayah kabupaten dan kota tersebut.

Ia mengatakan penempatan personel disetiap pos lebaran masing-masing dua prajurit TNI. Dari jumlah itu yang paling banyak di Kabupaten Musirawas Utara yakni lima pos karena diprakirakan tingkat kriminal dan kerawanan kejahatan masih tinggi yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan para pemudik.

Hal itu dipengaruhi oleh perekonomian yang semakin terpuruk, sekarang harga karet menurun drastis sementara harga kebutuhan pokok semakin meningkat, otomatis orang-orang yang tidak bekerja bisa saja berbuat yang merugikan masyarakat.

"Penempatan personel TNI di pos-pos pengamanan lebaran itu sifatnya hanya membantu dalam hal pengamanan, sedangkan

untuk keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dilakukan pihak kepolisian," ujarnya.

Dalam pengawasan keamanan arus mudik lebaran, pihaknya juga mewaspadai penyeludupan barang ilegal dan narkoba yang dikhawatirkan dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Apalagi Kota Lubuklinggau ini sebagai daerah jalur lintas Sumatera yang banyak dilintasi kendaraan sehingga masalah narkoba dan penyeludupan barang ilegal perlu terus diwaspadai.