Jalan lintas Sumatera layak dilalui pemudik

id jalan, jalan lintas sumatera

Jalan lintas Sumatera layak dilalui pemudik

Jalinteng Sumatera (Foto Antarasumsel.com/Edy Parmansyah/15)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Jalan Lintas Tengah Sumatera yang berada di wilayah Kabupaten Musirawas dan Musirawas Utara Sumatera Selatan, layak dilalui para pemudik Idul Fitri 1436 Hijriah karena kondisinya cukup mantap.

Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera di wilayah Sumatera Selatan itu panjangnya ratusan kilometer, sebagian besar baru saja diperlebar dan ditingkatkan, kata Kepala Satuan Kerja wilayah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan, Bengkulu Aidil Fitri, Rabu.

Ia mengatakan, dari ratusan kilometer Jalinteng itu tetap masih ada titik dalam tahap penyelesaian, namun kondiainya cukup baik untuk dilalui kendaraan pemudik.

Secara umum kondisi Jalan Lintas Sumatera di wilayah Sumatera Selatan termasuk Jalinteng itu sudah sangat baik, sesuai dengan imbauan Dirjen PU Bina Marga, walaupun ada beberapa titik yang rusak namun telah dilakukan perbaikan.

Saat ini Jalinteng Lubuklinggau, Musirawas dan wilayah Rupit Kabupaten Musirawas Utara kondisinya sebagian besar sudah baik dan layak digunakan pemudik.

Hal itu diketahui setelah dilakukan pengecekan bersama Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumatera Selatan menyisir jalur mudik lebaran Jalinteng di wilayah itu pekan lalu.

"Kami bersama rombongan meninjau jalan pusat Kota Lubuklinggau dan Pospam setempat, kemudian melakukan pengecekan jalan lingkar utara menuju Kabupaten Empat Lawang dan Kota Lahat," jelasnya.

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumatera Selatan diwakili AKBP Nelson Purba bersama jajaran Polres Musirawas dan Lubuklinggau melakukan pengecekan ke setiap Pos pengamanan lebaran wilayah itu.

Nelson mengatakan, pengecekan yang dilakukan bersama BBPJN tersebut untuk melihat kesiapan anggota Polri bersama mitra kerja dalam mengamankan arus mudik dan balik lebaran di wilayah Sumsel.

Saat melakukan peninjauan, ia mengakui masih ada pembenahan dan penyempurnaan terhadap fasilitas anggota dan Pospam yang ada, namun secara garis besar sudah sangat layak.

"Kita jalin koordinasi seluruh instansi yang tergabung dalam operasi pengamanan lebaran," ujarnya.