Pemudik di Palembang mulai pesan mobil sewaan

id mobil sewaan, sewa mobil, permintaan mobil sewaan meningkat, penan mobil sewaan, rent car

...Pesanan penyewaan mobil untuk digunakan mudik ke berbagai daerah di wilayah Sumatera dan Jawa terutama untuk keberangkatan tiga hari menjelang Lebaran sudah cukup banyak...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengusaha jasa penyewaan mobil (rent car) di Palembang, Sumatera Selatan, menjelang Hari Raya Idulfitri 1436 Hijriah/2015 mulai banyak menerima pesanan masyarakat yang membutuhkan kendaraan untuk mudik Lebaran.

"Pesanan penyewaan mobil untuk digunakan mudik ke berbagai daerah di wilayah Sumatera dan Jawa terutama untuk keberangkatan tiga hari menjelang Lebaran sudah cukup banyak," kata sejumlah pemilik usaha penyewaan mobil di Palembang, Minggu.

Menurut Rolan salah seorang pemilik usaha penyewaan mobil, sekarang ini pelanggannya telah banyak memesan mobil yang akan disewa untuk mudik Lebaran.

Mobil yang dipesan sebagian besar akan digunakan untuk perjalanan mudik lebaran pada 14 - 16 Juli 2015 dan sesuai perjanjian mobil akan dikembalikan paling cepat pada 21 Juli, katanya.

Dia menjelaskan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang Lebaran Idulfitri permintaan penyewaan mobil cukup banyak, bahkan melebihi dari jumlah kendaraan yang dimiliki.

"Sekarang ini ada 19 unit mobil jenis minibus seperti kijang innova dan avanza yang siap disewakan, dari jumlah itu 15 unit di antaranya sudah dipesan pemudik yang akan pulang kampung bersilaturahmi dengan keluarganya terutama ke Pulau Jawa," ujarnya.

Sementara pengusaha lainnya Nasir mengatakan tingginya permintaan penyewaan mobil saat ini dan terbatasnya unit mobil yang dimiliki perusahaan, pihaknya menerapkan daftar tunggu bagi penyewa, dan membatasi untuk kegiatan mudik atau dibawa keluar wilayah Sumsel.

"Kami memiliki 25 unit mobil sewaan jenis kijang Inova, Xenia, dan Avanza, sebagian mobil disewakan untuk mudik ke luar kota, dan sebagian lagi disiapkan hanya untuk disewakan memenuhi kebutuhan pelanggan yang tidak mudik," ujarnya.

Mengenai tarif sewa mobil, untuk mobil jenis kijang Innova yang dibawa sendiri oleh penyewa dikenakan biaya sewa Rp450.000 perhari dan mobil Avanza atau Xenia disewakan Rp325.000 per hari, sedangkan jika penyewa membutuhkan sopir dikenakan biaya tambahan sebesar Rp125.000 per hari untuk dalam kota dan Rp175.000 per hari untuk perjalanan ke luar kota, kata dia pula.