Dermaga kedatangan kapal cepat di Palembang ramai

id dermaga, pelabuhan boom baru, pemudik, mudik, lebaran, kapal cepat

Dermaga kedatangan kapal cepat di Palembang ramai

Dermaga kedatangan kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru Palembang (Foto Antarasumsel/Feny Selly)

....Hari ini penumpang kapal cepat untuk keberangkatan dari Palembang ke Bangka masih normal sekitar 200 orang, namun untuk kedatangan dari Bangka ke Palembang mengalami lonjakan hingga 100 persen lebih dari kondisi biasanya....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Dermaga kedatangan kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, Senin, menjelang tiga hari Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah/2015 Masehi mulai ramai dikunjungi pemudik yang tiba dari Pelabuhan Muntok, Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Hari ini penumpang kapal cepat untuk keberangkatan dari Palembang ke Bangka masih normal sekitar 200 orang, namun untuk kedatangan dari Bangka ke Palembang mengalami lonjakan hingga 100 persen lebih dari kondisi biasanya," kata petugas Posko Angkutan Lebaran di Pelabuhan Boom Baru Palembang Suharto di Palembang, Senin.

Menurut dia, pada arus mudik sekarang ini, untuk keberangkatan tidak terlalu sulit melakukan pengaturan penumpang dan armada kapal cepat, karena tersedia kapal dengan kapasitas angkut melebih dari jumlah penumpang yang akan dilayani.

"Petugas terminal penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang pada arus mudik ini tidak terlalu sibuk karena tidak terjadi penumpukan penumpang yang akan diberangkatkan, namun pada arus balik Lebaran nanti pada awal penghujung Juli ini perlu kerja ekstra," ujarnya. 

Dia menjelaskan, dalam kondisi terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Muntok, Bangka yang akan ke Palembang, dua perusahaan pelayaran kapal cepat yang melayani rute tersebut menyiapkan lima kapal cepat.

Perusahaan pelayaran kapal cepat Express Bahari dan Sumber Bangka mengoperasikan dua hingga tiga kapal cepat, padahal biasanya masing-masing hanya mengoperasikan satu unit kapal, katanya. 

Sementara petugas operasional Express Bahari Ferry menjelaskan, untuk melayani masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran Idulfitri tahun ini, pihaknya berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan menambah dua unit armada kapal dari kondisi biasanya yang hanya satu unit.

Mengenai tarif tiket untuk musim mudik Lebaran 2015 ini, pihaknya memberlakukan tarif baru dengan kenaikan sekitar Rp35.000 per orang dari tarif normal untuk kelas bisnis atau ekonomi dewasa ditetapkan sebesar Rp230.000 per orang, sedangkan anak-anak ditetapkan sebesar Rp190.000. 

Kemudian tiket kelas eksekutif dewasa Rp265.000/orang dan anak-anak Rp205.000/orang, dan tiket kapal cepat kelas VIP dewasa ditetapkan sebesar Rp310.000 per orang satu kali jalan dan anak-anak ditetapkan sebesar Rp255.000/orang, ujarnya.