Permintaan jasa jahit pakaian di Palembang meningkat

id jahit pakaian, jasa menjahit pakaian, masih banyak menjahit sendiri permintaan jasa menjahit pakaian meningkat

...Masih banyak warga kota itu yang menjahit pakaian dan celana meskipun pakaian dan celana yang siap pakai banyak dijual di toko pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern atau mal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Permintaan jasa menjahit pakaian di Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengalami peningkatan sejak memasuki bulan suci Ramadan hingga menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri 1436 Hijriah/2015 Masehi.

Sejumlah penjahit pakaian di Palembang, Sabtu, mengatakan masih banyak warga kota itu yang menjahit pakaian dan celana meskipun pakaian dan celana yang siap pakai banyak dijual di toko pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern atau mal.

Derlius salah seorang penjahit di kawasan Sekip Ujung Palembang, mengatakan dalam sebulan terakhir setiap hari ada beberapa pelanggan yang datang meminta memermak atau dijahitkan pakaian dan celana panjang ke kios jahitnya.

Warga kota tersebut banyak yang meminta dijahitkan kemeja, gamis, celana panjang, atau hanya sekedar memermak celana jeans atau baju yang kepanjangan dan kebesaran.

"Seperti biasanya menjelang Lebaran permintaan jasa menjahit meningkat hingga 70 persen dari biasanya, karena banyak masyarakat yang membutuhkan pakaian dan celana baru agar bisa tampil gaya dan rapi pada hari besar keagamaan umat Islam itu," ujarnya.

Pelanggan yang meminta dijahitkan pakaian dan celana ada yang membawa bahan sendiri dan ada juga membeli bahan yang tersedia di kios/tokonya.

Untuk ongkos memermak celana jeans dan pakaian berkisar Rp15.000 hingga 25.000 per potong, sedangkan untuk menjahit celana panjang Rp75.000 per potong, sedangkan jika pelanggan menggunakan bahan yang tersedia di toko dikenakan biaya Rp180.000 - Rp275.000 per potong tergantung kualitas bahan yang digunakan.

Sedangkan ongkos jasa menjahit kemeja biasa lengan pendek Rp90.000 per potong dan lengan panjang 115.000 per potong, kemeja batik Rp175.000 per potong termasuk pelapis/puring.

Dengan banyaknya permintaan, pelayanan jasa menjahit pakaian dan celana untuk digunakan pada Lebaran Idulfitri tahun ini sudah tidak diterima lagi sejak awal Juli 2015 sedangkan permintaan jahit yang tetap masuk hingga saat ini bisa diterima dengan perjanjian selesainya setelah hari besar keagamaan tersebut, kata Derlius.

Sementara penjahit lainnya Agung menjelaskan, selain banyak pesanan menjahit kemeja, celana panjang dan pemotongan jeans, dia juga banyak melayani permintaan pembuatan jas karena di kota pempek ini setiap habis lebaran banyak yang melangsungkan pernikahan dan menggelar pesta pernikahan.

Ongkos jahit dan memotongan celana jeans dikenakan Rp15.000 per potong, jasa menjahit jas dikenakan Rp660.000 per stel, sedangkan jika pelanggan menggunakan bahan koleksi yang ada di tokonya dekenakan biaya Rp1,7 juta hingga Rp2,5 juta per stel tergantung kualitas bahan yang digunakan, kata dia pula.