Pengumuman SMBPTN serentak secara online

id smptn, pengumuman, mahasiswa, unsri, online, hasil sbmptn, siswa

Pengumuman SMBPTN serentak secara online

Ilustrasi - Calon mahasiswa perguruan tinggi (FOTO ANTARA)

....website resmi www.SBMPTN.or.id....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 akan diumumkan secara serentak di Indonesia pada Kamis (9/7) secara online (dalam jaringan) melalui website resmi www.SBMPTN.or.id.

"Pengumuman tepatnya dilakukan pukul 17.00 WIB," kata Ketua Penanggung Jawab SBMPTN 2015 Universitas Sriwijaya (UNSRI) Prof Anis Saggaff di Palembang, Rabu.

Anis mengatakan, peserta yang telah mengikuti ujian tertulis maupun ujian keterampilan dapat mengakses website tersebut untuk melihat daftar mahasiswa yang dinyatakan lolos dan tidak lolos.

"Peserta tinggal memasukkan nama dan nomor yang sesuai dengan yang ada di kartu tanda peserta," kata dia.

Ia menambahkan untuk jalur penerimaan SBMPTN ini, Unsri menyediakan kuota bagi 1.818 siswa dari total daya tampung sebanyak 5.990 orang, 

"Sisanya sudah terisi dari jalur SNMPTN sebanyak 3.006 siswa. Sedangkan sisanya lagi dari jalur beasiswa bidik misi dan jalur Ujian Saringan Masuk (ujian mandiri)," kata dia.

Berdasarkan hasil pendataan panitia pusat SNMPTN tersebut diketahui bahwa Unsri berada pada urutan kedelapan di Indonesia sebagai universitas yang paling diminati di Indonesia.

Pada tahun ini, Universitas Sriwijaya dengan 50 prodi diketahui memiliki peminat hingga 42.432 siswa pendaftar, sementara urutan kesembilan ditempati Universitas Sebelas Maret yang memiliki 64 prodi mendapatkan pendaftar 50.673 siswa.

Sedangkan tiga besar ditempati Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Brawijaya.

"Untuk wilayah Sumatera, bisa dikatakan Unsri sudah diperhitungkan bersaing dengan Universitas Sumatera Utara. Ke depan, Unsri optimitis bisa menjadi yang terdepan karena menargetkan menjadi universitas berkelas dunia," ujar dia.