Damri Palembang siapkan 21 bus angkutan lebaran

id bus, bus damri, angkutan lebaran, siapkan armada secara maksimal, tambah bus, bus cadangan, mudik

Damri Palembang siapkan 21 bus angkutan lebaran

Ilustrasi - Suasana terminal Alang-alang lebar Palembang. (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/Aw)

...Menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang pada musim mudik lebaran tahun ini, kami berupaya menyediakan armada bus secara maksimal sehingga semua pelanggan dapat dilayani dengan baik...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perusahaan Umum Damri Cabang Palembang menyiapkan 21 bus angkutan lebaran untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang pada musim mudik Lebaran Idulfitri 1436 Hijriah pertengahan Juli 2015 ini.

"Menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang pada musim mudik lebaran tahun ini, kami berupaya menyediakan armada bus secara maksimal sehingga semua pelanggan dapat dilayani dengan baik," kata petugas Damri Sudarman di Palembang, Selasa.

Menurut dia, bus yang dioperasionalkan melayani masyarakat di Kota Palembang ini siap mengantarkan pemudik lebaran ke beberapa daerah di Pulau Jawa seperti Cilacap, Purworejo, dan Jakarta.

Berdasarkan data, jumlah pengguna jasa angkutan darat ini mulai meningkat dan diprediksi akan mengalami puncaknya tiga hari menjelang Hari Raya Idulfitri yang diperkirakan jatuh pada 17-18 Juli 2015.

Mengenai tarif tiket bus pada musim mudik lebaran ini mengalami kenaikan sebesar 25 persen dari kondisi hari biasanya, sebagai gambaran tiket bus tujuan Palembang-Cilacap dari tarif normal Rp380.000 menjadi Rp433.000 per orang satu kali jalan, katanya.

Sementara salah seorang pengusaha jasa angkutan umum/otobus di Palembang lainnya Solihin mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan armada dengan melakukan perawatan ringan dan berat seluruh bus yang dioperasionalkan selama ini sehingga tidak mengalami gangguan teknis selama melayani pemudik lebaran.

Menghadapi musim mudik lebaran yang diperkirakan mulai terjadi pada 10 Juli 2015, seperti biasanya dilakukan berbagai persiapan sehingga bisa dilakukan pelayanan dengan baik kepada masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan angkutan bus.

Mudik lebaran merupakan perjalanan yang sangat dinantikan masyarakat, jangan sampai perjalanan tersebut terganggu karena kondisi kendaraan kurang prima dan tidak tersedianya armada dalam jumlah yang cukup.

"Dengan persiapan armada secara maksimal diharapkan pelayanan terhadap pemudik lebaran baik antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun antarkota antarprovinsi (AKAP) dapat dilakukan dengan baik," ujarnya.

Sementara pengusaha otobus lainnya Aminudin mengatakan, untuk mengahdapi musim mudik lebaran tahun ini , pihaknya telah melakukan antisipasi lonjakan penumpang dengan menambah beberapa armada bus.

Sekarang ini dia bersama 16 perusahaan otobus (PO) yang beroperasi di daerah ini telah menyiapkan armada untuk melayani angkutan lebaran semua rute AKDP wilayah Provinsi Sumsel yang memliki 17 kabupaten dan kota dan sejumlah rute AKAP wilayah Pulau Jawa dan Sumatera.

"Dalam rapat koordinasi bersama anggota Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumsel, setiap PO paling sedikit sepakat menyiapkan 12 armada bus, jika kondisi armada yang disiapkan itu kurang akan diupayakan penambahan dengan melakukan kerja sama dengan PO yang ada di luar provinsi ini," ujar Aminudin.