Lima parpol siap dukung Kuryana calon bupati

id kuryana, bupati oku

Lima parpol siap dukung Kuryana calon bupati

Cabub OKU deklarasikan calon pasangan Pilkada 2015 (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Lima partai politik besar di Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan menyatakan siap mendukung Kuryana Aziz - Johan Anuar maju calon bupati/wakil bupati pada Pilkada, 9 Desember 2015.

Calon incumbent Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Aziz di Baturaja, Selasa mengungkapkan, jika hingga saat ini sudah ada lima partai politik (Parpol) yang menyatakan dukungan atau mengusungnya maju ke Pilkada dengan berpasangan Johan Anuar (Ketua DPRD OKU).

Adapun lima Parpol tersebut, yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, Partai NasDem dan Partai Gerindra dengan total 15 kursi.

"Untuk sementara, lima partai ini yang menyatakan memberikan dukungan dan mengusung kami maju di Pilkada, mereka memberikan kepercayaan untuk kami memimpin OKU lima tahun ke depan," ujarnya.

Menurut dia, untuk deklarasi dukungan, masing-masing partai hanya menunggu ketetapan DPP.

Adapun yang sudah mendeklarasikannya sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati, baru dari Partai NasDem memiliki tiga kursi di DPRD OKU.

"Empat parpol lagi, tinggal menunggu waktu saja. Semua butuh proses. Kita sangat menghormati proses-proses yang ada pada partai," jelasnya.

Sementara, Ketua DPD Partai Demokrat OKU, Hj Indrawati menegaskan, dukungan untuk pasangan calon dari partai berlambang mercy itu, ditujukan kepada Kuryana Aziz-Johan Anuar.

Rekomendasi baik dari DPD kabupaten maupun provinsi yang disampaikan ke DPP baru satu pasangan itu saja.

"Kita sebenarnya tinggal menunggu turunan dari DPP. Kebenaran partai kami baru sudah menjalankan Munas dan mempersiapkan kinerja lima tahun ke depan, maka hal ini diselesaikan dulu. Tapi tidak akan lama, surat keputusan dukungan dari DPP akan keluar," katanya.

Sementara, untuk pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati lainnya, yaitu Percha-Nasir mendapat empat dukungan Parpol.

Empat Parpol dimaksud yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) serta Partai Hanura.

Memang secara kuota untuk dukungan, koalisi empat parpol yang memiliki total sembilan (9) kursi di DPRD OKU, sudah cukup bahkan lebih satu kursi.

"Sementara yang sudah jelas baru empat partai ini, PKS, PBB, PKPI dan Hanura. Tapi mudah-mudahan, soal partai akan ada penambahan lagi," ungkap Percha.

Sementara itu, Nasir Agun, calon wakil bupati pasangan Hj Percha Leanpuri, mengaku akan menghimpun para pendukungnya di Pilkada 2010 lalu yang kini tercerai berai. Nasir Agun sendiri merupakan kandidat calon bupati di Pilkada 2010.