Gubernur lepas pasukan angkutan lebaran

id pasukan lebaran, gub lepas pasukan lebaran

Gubernur lepas pasukan angkutan lebaran

Gubernur cek angkutan lebaran (Foto:antarasumsel.com/Fenny Selli)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin melepas pasukan angkutan Lebaran 2015 untuk mempelancar masyarakat merayakan Idul Fitri di kampung halaman.

Pasukan yang terdiri atas Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika, kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan instansi terkait itu dilepas dengan Gelar Pasukan di Terminal Alang-Alang Lebar Palembang, Selasa.

Gubernur mengatakan pihaknya telah mempersiapkan petugas supaya lebih sigap dan siaga dalam mempelancar arus mudik dan balik nanti.

Apalagi berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya masih terjadi keterlambatan keberangkatan kendaraan dan pada arus mudik tahun ini tidak boleh terjadi lagi, ujar dia.

Jadi seluruh instansi terkait harus selalu berkoordinasi sehingga arus mudik tidak mengalami hambatan, kata dia.

Selain itu bila ada keadaan darurat terjadi seperti kemacetan, kecelakaan para petugas pun sudah lebih terlatih untuk mengantisipasinya.

Jadi gelar pasukan lebaran ini bukan hanya sekedar apel saja tetapi harus siap memperlancar arus lalu lintas saat mudik dan balik lebaran nanti.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel H Nasrun Umar mengatakan, jumlah pemudik diperkirakan akan mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini karena masyarakat sudah banyak menggunakan kendaraan pribadi dan antar alamat termasuk kereta api sehingga predeksinya akan menurun, kata dia.

Namun, walaupun demikian pihaknya tetap mencadangkan kendaraan untuk mengantisipasi bila terjadi lonjakan penumpang.