Gubernur: Membangun daerah tak bisa andalkan APBD

id gubernur sumsel, alex noerdin, sumatera selatan, apbn, apbd, dprd, pemprov, pembangunan, infrastruktur

Gubernur: Membangun daerah tak bisa andalkan APBD

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

....dengan kerja sama bangun guna serah yang telah kita laksanakan, kita bisa melihat bagaimana kemajuan Kota Palembang sebelum dan sesudah adanya hasil pembangunan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan bahwa dalam membangun suatu daerah tidak bisa hanya mengandalkan dana APBN atau APBD saja.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Senin menyampaikan hal itu menanggapi imbauan fraksi di DPRD agar dikaji kembali kerja sama dengan investor dalam bentuk bangun guna serah.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat, pihak swasta dan akademisi sangat diperlukan untuk menyukseskan pembangunan.

Ia mengatakan, dalam kondisi dimana dana APBD sangat terbatas maka harus dicari pola lainnya sehingga keterbatasan tersebut tidak menjadi penghalang untuk memajukan daerah.

Bangun guna serah adalah suatu bentuk kerja sama yang saling menguntungkan kedua belah pihak dimana pemerintah daerah menyerahkan asetnya berupa tanah yang idle untuk dibangun bangunan diinginkan oleh pemerintah daerah.

Selanjutnya dikelola oleh pihak investor dan setelah berakhir masa bangun guna serah maka diserahkan kembali tanah berikut bangunan tersebut kepada pemerintah daerah, ujarnya.

Ia menyatakan, sampai dengan saat ini kerja sama dalam bentuk bangun guna serah adalah pilihan yang terbaik harus ditempuh untuk memajukan daerah.

"Jadi, dengan kerja sama bangun guna serah yang telah kita laksanakan, kita bisa melihat bagaimana kemajuan Kota Palembang sebelum dan sesudah adanya hasil pembangunan," tutur orang nomor satu di lingkungan Pemprov Sumsel itu.

Karena itu, pola bangun guna serah tetap akan dilanjutkan demi percepatan pembangunan di Sumsel khususnya di Kota Palembang, katanya.