Gubernur: Titik api banyak terdapat di Muba

id gubernur sumsel, alex noerdin, sumatera selatan, sekayu, musi banyuasin, titik api, hotspot, hutan, kebakaran hutan

Gubernur: Titik api banyak terdapat di Muba

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin . (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

....Kalau hari ini ada hot spotnya di sini, besok hilang, timbul di tempat lain itu yang dijaga habis-habisan....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan titik api atau hot spot sekarang ini paling banyak berada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Palembang, Senin menyampaikan hal itu menanggapi mulai munculnya titik api di sejumlah wilayah di provinsi tersebut saat musim kemarau.

Menurut dia, sekarang ini yang paling banyak itu di Kabupaten Musi Banyuasin dan dirinya sudah peringatkan pemerintah kabupaten setempat.

Kemudian BPBD bukan karena ada laporan baru bergerak tapi selalu menjaga terus, tetapi tolong dimaklumi juga wilayah luas, sedangkan hujan tidak turun-turun sudah musim kemarau, katanya.

Walaupun demikian pejabat nomor satu di lingkungan Pemprov Sumsel itu memastikan kalau hot spot tersebut sampai saat ini belum dikhawatirkan.

Ia mengatakan, sebenarnya berdasarkan laporan hot spot itu tidak bisa ditentukan. Kalau hot spot artinya ada titik apinya.

Kalau ada satu lahan terbuka, ada pantulan matahari, itu ditangkap oleh satelit jadinya hot spot, tetapi belum tentu itu ada titik api, ujarnya.

Namun, yang penting menurut Gubernur Sumsel berkurang tidak hot spot itu.

"Kalau hari ini ada hot spotnya di sini, besok hilang, timbul di tempat lain itu yang dijaga habis-habisan," tutur Alex Noerdin.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Yulizar Dinoto menambahkan pihaknya menyiapkan beberapa langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan serta bencana kabut asap.